Akidah

Taqdir

Kinta Mahadji - May 20, 2020

Assalamu alaiikum ustadz….ada yang mengatakan bahwa tak mudah memahami taqir itu, betulkah itu ustadz ? jadi bagaimana memahami taqdir secara simpel beserta contoh kongkrit, apalagi bila diajarkan pada anak muda. Atas jawabannta saya ucapkan banyak terimakasih.

Jawaban :

Wa alaikumus salam wr wb.

Secara sederhana, taqdir terbagi dua, mubram dan mu’allaq. Taqdir Mubram artinya taqdir yang dikehendaki oleh Allah untuk tidak berubah. Contoh kematian, Hari Akhir, jenis kelamin dan lain-lain. Sedangkan taqdir muallaq adalah taqdir yang dikehendaki oleh Allah sesuai dengan sebab ikhtiar dan doa. Misalnya mati husnul khatimah, banyak ilmu, banyak harta, kedudukan dan lain-lain.

Contoh mudahnya :

Setiap manusia pasti mati (taqdir mubram). Tidak ada manusia yang terus hidup dan tidak mati selama-lamanya seperti kekalnya Allah SWT. Kita tidak bisa berdo’a dan beriktiar agar kita tidak mati dan hidup selama-lamanya.

Sedangkan mati dalam keadaan baik atau buruk itu masuk dalam katagori takdir mua’allaq. Kita bisa berdo’a kepada Allah dan beriktiar agar mati dalam keadaan baik (husnul khatimah). Bukankah kita sering berdo’a Ya Allah Biha Ya Allah Bi Husnil khatimah ?

Wallahu a’lam.