Ibadah khusus

pusatkajianhadis - January 27, 2016

assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuhu
saya ingin bertnya ustad bisakah ibadah kita berpindah kepada ibadah khusus?
terimakasih ustad..
jawab :
Wa alaikumus salam wr wb
Jika dilihat dari tekstual ayat Al-Qur’an maupun Al Hadis, tentu kita tidak menemukan istilah ibadah umum atau ibadah khusus. Sebagian  ulama membagi tingkatan ibadah seorang hamba berdasarkan motivasi dan keistiqamahan orang dalam beribadah.
Jika di syurga atau neraka saja ada tingkatannya, tentu tidaklah salah jika tingkatan ibadah orang pun demikian. Tentu kita bisa membedakan antara ibadahnya orang awam dengan ibadahnya orang berilmu. Ibadahnya orang awam dengan ibadahnya para nabi dan rasul. Dengan demikian timbulah istilah ibadah awam dengan ibadah khusus bahkan khususul khusus.
jIka ditanya, bisakah pindah dari ibadah tingkat awam ke khusus? Ya tentu bisa. Apa kuncinya ? Istiqamah dalam ibadah dan motvasi ibadahnya bukan karena meninggalkan kewajiban, tapi ibadah yang dilandasai  keta’atan menjadi seorang hamba. Seetelah dilandasi keta’atan, tingkatkan lagi dengan rasa syukur. Ya, ibadah yang dilandasi rasa syukur kepada Allah karena menjadi hambanya, bukan hamba selain-Nya. Setelah syukur, barulah naik satu tahap lagi, yaitu ibadah karena  dilandasi rasa cinta yang begitu tinggi kepada Allah.
Wallahu a’lam