Fiqih Muamalah

Ibu tinggal bersama

pusatkajianhadis - January 20, 2016

Aslkum pa ustad. ,ibu saya tinggal 1 rumah dengan saya,krna rumah ibu di kontrakan karna ibu tinggal sendirian tujuan saya agar saya bisa memperhatikan kondisi ibu,tapi ibu saya orangnya keras klo marah suka nyumpain,dan berkata binatang disebut dijutu ke saya dan istri saya…saya takut durhaka pa ustad…jadi jalan terbaiknya saya harus gmna ya pa ?
Jawaban :
Wa alaikumus salam Wr Wb.

Niat baik memang tidak selalu berjalan mulus. Terkadang ada saja ujiannya. Ketika merawat orang tua, adakalanya anak diuji kesabarannya. Kita tentu teringat ketika kita masih kecil saat orang tua merawat kita. Di saat itulah terkadang kita memaksakan kehendak kita tanpa memperhatikan betapa susahnya kondisi orang tua. Di saat itu kita memaksa orang tua harus membeli barang yang kita inginkan dan orang tua tidak mengabulkan karena faktor keuangan dan di saat itulah kita marah-marah dan mengeluarkan kata kasar.

Sebaiknya anda dan istri bersabar dalam menghadapi ujian ini sambil berdo’a kepada Allah agar jalan anda dilapangkan.

Mengenai sumpah serapah orang tua yang tertuju pada anak dan istri semoga tidak menjadi kenyataan selama anda dalam posisi benar dan tetap santun karena anda bersabar. Mungkin sumpah serapah itu keluar hanya karena lost contol saja.

Wallahu a’lam