Fiqih Muamalah

Rumah tangga

pusatkajianhadis - June 26, 2018

Assalamualaikum ustad saya mau tanya dan minta solusi dri ustad. Saya putra sudah brumah tangga 1tahun dan dikaruniai 1anak. Gini ustad Tahun kemaren sya terjebak masalah narkoba divonis 7tahun dan saat ini sya sdng menjalani hukuman pidana baru bejalan 1tahun otomatis sya meningalkan tnggung jwab saya sbagai suami atas anak istri saya. awal nya rumah tangga dan komunikasi msih lancar” aja ustad tapi stlah 1thun kmudian komunikasi mulai kurang harmonis lagi. Istri mulai berani bentak” saya dan g menghargai nasehat saya dan parah nya lagi sya sdah g dianggap lgi sbgai suami nya. Dan skarang sdh hampir 2bln istri g ada kabar/hubungi saya, saya pun mau menelppon duluan tp g bisa jg karna nmr saya sdah diblokir. Jadi apa yg hrus saya lakukan ustad supaya rumah tangga saya tetap utuh kembali harmonis dan komunikasi teta trjaga dengan baik. Trima kasih dan Mohon solusi nya untuk menyelesaikan masalah rumah tangga saya agar kembali samawa ustad. Assalamualaiku Wr. Wb

Jawaban :

Wa alaikumus salam wr wb.

Kami turut prihatin atas kondisi yang anda alami sekarang. Saat ini tentu saja anda sedang menjalani ujian yang tentu saja tidak ringan dan hanya orang-orang yang beriman dan bersabar saja yang mampu menjalaninya dengan baik.

Mengenai istri anda, in sya Allah masih ada jalan yang bisa ditemph agar semuanya bisa menjalaninya dengan sabar. Langkah  yang mungkin anda bisa tempuh adalah meminta bantuan orang lain untuk menasihati istri anda. Orang lain yang dimaksud disini bisa saja mertua anda, kaka ipar anda atau orang lain yang sekiranya sangat dihormati dan perkataannya didengar oleh istri anda.

Selain usaha secara lahiriyah, tentu harus diiringi dengan kekuatan do’a dan penuh harap kepada Allah dan yakin bahwa Allah Maha Membuka hati manusia.

Wallahu a’lam.