Fiqih Ibadah

Sholat tepat waktu

Kinta Mahadji - December 21, 2018

Assalamu’ alaikum Warahmatullah Wabarakatuh Bapak Ustadz yang Kami Hormati,, Semoga keselamatan dan rahmat ALLAH SUBHANAHU WA TA’ALA selalu menyertai Ustadz & keluarga di dunia & di akherat kelak Mohon pencerahan Pak Ustadz,, Saya seorang karyawan swasta, Dg jam istirahat jam 12- jam 1 siang,, Owner dr perusahaan ini adalah non muslim & banyak karyawan lain yg non muslim Ketika waktu Solat Dzuhur jam 11.30 saya beserta beberapa teman biasanya sholat Dzuhur tepat waktu jam 11.30 Namun jika teman saya sedang Haid & yg laki2 sedang sibuk – lebih memilih Sholat jam 12… biasanya saya Sholat sendiri jam 11.30 di Masjid sambil berharap ada orang yg sedang di Masjid (terkadang ada tukang rumput, tukang sapu yg sedang istirahat sambil nunggu Sholat Jamaah) Namun jika belum ada orang, saya Sholat sendiri dg harapan karyawan lain suatu saat mengikuti langkah saya utk Sholat di awal waktu,, saya berharap saya bisa memulai kebiasaan baru utk Sholat Jamaah di awal waktu Sikap saya ini awalnya tidak ada masalah,, Hingga suatu saat atasan langsung saya,, seorang Manager (wanita muslim) menegur saya utk tidak Sholat Dzuhur diluar jam istirahat,, Jadi Manager saya ini menyuruh saya Sholat jam 12 siang saja pas istirahat dg alasan takut ditegur orang & menimbulkan “kegaduhan” / masalah Selama ini kalaupun saya Sholat jam 11.30 siang,, saya biasanya kembali bekerja jam 12.30 jadi saya istirahat tepat selama 1 jam, sama dengan karyawan lain Jadi saya tidak menggunakan alasan ini utk menambah nambah jam istirahat, tidak berniat korupsi waktu istirahat, Sebenarnya secara formal & tertulis tidak ada aturan resmi dari perusahaan utk melarang Sholat jam 11.30,, Hanya teguran ini secara tertulis lewat WA dr Manager saya Berikut kutipan WA nya “”””””Ok..guh tlg lain x kl mau istirahat sholat pas jam 12 aja ya baru keluar ruangan..kl sholat ashar silahkan terserah jam yg mbok pilih jam 3 or jam 4..maaf guh bukan saya melarang sholat on time saat adzan…maklum guh..ikuti kondisi yg ada aja ya..drpd rame.byk kepala byk mslh.thks ya guh “”””” Saya bingung harus bagaimana, Harus kah saya mencoba mencari pekerjaan lain yang sekiranya tidak ada larangan Sholat jam 11.30 ? Mohon Nasehat nya Pak Ustadz,, Terima Kasih banyak Pak Ustadz, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Wa alaikumus salam wr wb.

Shalat di awal waktu memang mempunyai pahala dan keutamaan yang besar sebagaimana hadis Rasulullah SAW :

عَنْ أُمِّ فَرْوَةَ قَالَتْ سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَىُّ الأَعْمَالِ أَفْضَلُ قَالَ  الصَّلاَةُ فِى أَوَّلِ وَقْتِهَا) رواه ابو داود)

Dari Ummu Farwah RA berkata : Rasulullah SAW pernah ditanya amalan apakah yang paling utama ? Beliau SAW menjawab : “Shalat di awal waktunya.” ( HR. Abu Daud).

Namun tidak semua orang berada dalam kondisi yang nyaman untuk memperoleh keutamaan. Masalah fadhilah atau keutamaan suatu ibadah tentu bisa diperoleh manakala kondisi seseorang memang betul-betul memungkinkan. Contoh lainnya adalah ketika kita tidak bisa mencium Hajar Al-Aswad ketika kondisi sekitar Ka’bah penuh sesak tatkala jama’ah padat.

Di satu sisi anda sebenarnya mampu untuk shalat di awal waktu, namun sayangnya anda diminta oleh atasan untuk tidak keluar kantor sebelum jam 12. Jika dikaji dari segi fiqhnya, anda tentu bisa mengikuti arahan atasan dan tetap bisa bisa shalat pada pukul 12 bahkan bisa berjamaah zuhur. Tapi jika anda lebih memilih afdhal ya tentu saja anda bisa resign jika kondisinya memungkinkan. Jika ingin mengambil afdhalnya, yang paling tepat anda menjadi wira usahawan yang tentunya sangat leluasa mengatur waktu. Semuanya adalah pilihan. Pilihlah yang sangat memungkinkan bagi anda.

Wallahu a’lam.