Fiqih Muamalah

Pasangan

Kinta Mahadji - October 6, 2020

Assalam mualaikum ustad. Saya janda tiga ank saya 45 skrang. Saya hidup serumah dengan seorang laki laki layak nya suami istri. Saya dari sumatra saya sudah dua tahun menunggu janji nya mau menikahi saya. Sampai sekarang saya blom dinikah. Saya sangat tertekan dengan keadaan ini. Saya ingin pergi tapi saya ga tau harus gimna karna saya bergantung hidup dengan nya. Saya bingung pak ustad saya ga da saudara atau siapa pun d jkt ini saya jga ga ada pegangan uang sekali saya harus gmna pak. Dia slalu menunda waktu menikahi saya.

Jawaban :

Wa alaikumus salam wr wb.

Zina tidak dibenarkan dengan alasan apapun. Zina termasuk dosa besar dan pelakunya harus taubatan nasuha, berhenti dan tidak mengulanginya lagi.

Tingkatkan ketakwaan, kesabaran, do’a dan ikhtiar maksimal untuk mengharapkan pertolongan Allah. Tolak kehadiran lelaki yang bukan mahram untuk masuk ke rumah, apalagi sampai tinggal bersama.

Carilah pekerjaan halal walaupun hasilnya tidak persis yang kita harapkan dibanding kita bergantung kepada makhluk dengan menggadaikan iman.

Allah akan menolong hamban-hambanya yang bertakwa. Selalu ada jalan yang Allah berikan bagi mereka yang istiqamah berikhtiar, sabar selalu bertawakkal.

Firman Allah SWT :

وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجْعَل لَّهُۥ مَخْرَجًا ﴿٢﴾  وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُۥٓ إِنَّ ٱللَّهَ بَٰلِغُ أَمْرِهِۦ قَدْ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَىْءٍ قَدْرًا ﴿٣

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.” (Q.S. At-Thalaq : 2-3)

Wallahu a’lam.