Berita

Sambut Ramadhan 1443 H, Pusat Kajian Hadis Menerbitkan Aplikasi Hadis-Hadis Ramadhan

pusatkajianhadis - April 2, 2022

Ramadhan, satu kata yang membuat orang beriman rindu untuk bertemu dengannnya. Sejak masuk bulan Rajab, kaum muslimin berdo’a agar Allah Subhanahu Wa Ta’ala melimpahkan keberkahan dan mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan. Mereka rindu dengan kesyahduan Ramadhan untuk bermunajat dan mengharap ampunan Allah.

Dimulai dengan makan sahur, shalat subuh berjama’ah, berpuasa di siang hari, tilawah Al-Qur’an, memperbanyak sedekah, berbuka puasa bersama keluarga, shalat maghrib berjama’ah, lanjut Isya’ dan tarawih kemudian ditutup dengan witir. Belum lagi bicara indahnya Lailatul Qadar dan I’tikap di rumah Allah. Rangkaian ibadah yang begitu syahdu dan indah.

Untuk menambah kesyahduan, kekhusyu’an dan hikmah dalam menjalankan rangkaian ibadah tersebut, Pusat Kajian hadis menerbitkan aplikasi terbaru, Hadis-hadis Ramadhan dengan tema “Memaksimalkan Ibadah Ramadhan Melalui Tadabbur Hadis-hadis Rasul. Aplikasi ini memuat pembahasan hadis-hadis yang berkaitan dengan seluruh amalan di bulan Ramadhan dan disempurnakan dengan pembahasan hadis-hadis yang bekaitan dengan Hari Raya Idul Fitri, diantaranya :

  1. Puasa Ramadhan, menyangkut :
  2. Perintah kewajiban berpuasa dan fiqh puasa
  3. Keutamaan puasa Ramadhan dan ganjarannya
  4. Puasa Ramadhan yang bernilai
  5. Rukshah (dispensasi) bagi orang yang berpuasa atau orang yang boleh tidak berpuasa
  6. Perihal makan sahur dan berbuka serta fadhilahnya
  7. Anjuran mengkhatamkan Al-Qur’an
  8. Shalat Tarawih
  9. Menggapai Lalilatul Qadar
  10. Perihal I’tikaf
  11. Perihal Zakat Fitrah
  12. Anjuran berlaku lebih dermawan dan lebih lembut di Bulan Ramadhan
  13. Umrah Ramadhan

Sebagai pelengkap, aplikasi ini juga memuat hadis-hadis yang berkaitan dengan Hari Raya Idul Fitri seperti ;

  1. Amalan sunnah di malam hari Raya
  2. Shalat Idul Fitri
  3. Amalan sunnah di Hari Raya idul Fitri
  4. Puasa Sunnah di Bulan Syawwal

Berikut contoh salah satu kajian hadis dan pembahasan yang ada di aplikasi hadis-hadis Ramadhan yaitu: Lupa Saat Puasa Ramadhan

Selain aplikasi, selama bulan Ramadhan setiap hari akan ditayangkan video kajian membahas hadis-hadis yang ada di dalam aplikasi, silakan simak penayangannya di channel youtube Pusat Kajian Hadis.

Untuk mengakses aplikasi ini, silakan klik : bit.ly/apphadisramadhan

Semoga aplikasi ini bermanfaat untuk umat dan sebagai upaya melanjutkan perjuangan guru kita bersama, Almaghfur Lah Dr. KH. A. Lutfi Fathullah, MA. Semoga rahmat Allah dan pahala jariyah selalu mengalir untuk beliau, aamiin. Agar pahala semakin berlimpah, kami persilakan untuk meng-instal aplikasi ini dan membantu menyebar luaskan informasi ini ke berbagai media sosial, terima kasih !

Wallahu A’lam.