Fiqih Muamalah

Rumah tangga

Kinta Mahadji - April 2, 2019

Assalamualaikum ustad saya ingin bertanya stad. Saya sudah menikah selama 6 bulan. Dalam waktu 3 bulan belakangan ini mertua saya ( orang tua suami) ikut tinggal bersama kami.dengan alasan mengumpulkan modal sementara runah dia dikontrakan. Selama tinggal sama kami hubungan saya dengan suami mulai tidak sehat karnamertua selalu ikut campur. Dirumah saya selalu salah dimata mertua sementara suami saya setiap hari bekerja. Kalau sayabilang ke suami tapi suami selalu membela ibunya. Karna tidak tahan saya cerita ke orang tua saya. Akhirnya masalahnya semakin rumit.karna saya anak tunggal mama saya tidak terima saya diperlakukan begitu samamertua dan suami saya. Mohon pencerahannya ustad. Terimakasih.

 

Jawaban :

Wa alaikumus salam wr wb.

Jika dilihat dari usia perkawinan anda berdua, masih bisa dikatakan baru, belum lama. Yang namanya tergolong baru, tentu masih harus banyak adaptasi dan penyesuaian di sana-sini. Mungkin saja ikatan emosional antara menantu dengan mertua belum terlalu menyatu sehingga terjadi kesalah fahaman. Ketika maksud mertua adalah menasihati menantu, namun hal tersebut diartikan mencampuri urusan rumah tangga menantu. Atau begitu juga sebaliknya.

Jalan keluarnya adalah mengumpulkan semua pihak, bicarakan baik-baik keluhan kedua belah pihak dan mencari solusinya bersama-sama. Tidak enak ? ya itulah resikonya. Jika tidak mau dengan cara berkumpul bersama, tentunya anda harus bersabar dan tidak perlu pulang ke rumah orang tua anda. Tetaplah di rumah suami dan bersabarlah. Jika anda bersabar karena patuh kepada suami, in sya Allah anda akan menemukan jalan keluar.

 

Wallahu a’lam