Fiqih Ibadah

Adakah dali membaca robigfirli watub alaiya

pusatkajianhadis - April 12, 2016

Assalam alaikum, Pak Ustad, Saya mau bertanya tentang membaca Robigfirli Warhamni Watub Alaiya dibulan Raja apakah ada dasar hukumnya.
Jawaban :
Ada. Dalilnya adalah dalil umum, yaitu :

وقَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ رضي الله عنه : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ : ( وَاللَّهِ إِنِّي لاَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ فِي الْيَوْمِ أَكْثَرَ مِنْ سَبْعِينَ مَرَّةً ) رواه البخاري

Dan Abu Hurairah RA berkata : “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda :

Demi Allah, sesungguhnya  aku meminta ampun  kepada Allah dan bertaubat  kepada-Nya dalam sehari  lebih dari tujuh puluh kali.” (HR. Al-Bukhari)

Rabbighfirlii warhamnii wa tub alayya adalah kalimat istigfar dan dan taubat, yang artinya : Tuhanku, ampinilah Aku dan berikanlah rahmat kepadaku (sayangilah aku) dan terimalah taubatku. Dengan demikian membaca kalimat tersebut dibolehkan. Berapa banyak membacanya dalam sehari semalam ? boleh berapa saja, boleh 70, 80, 100 dan berapa saja. Di bulan apa saja dibacanya ? Ya boleh bulan apa saja, kapan saja, boleh di bulan Rajab atau di bulan-bulan lainnya. Mengapa ? Sesuai hadis di atas bahwa Rasulullah SAW beristighfar setiap hari lebih dari 70 kali.

Wallahu a’lam.