Berita

Workshop Guru Al-Qur’an Profesional

pusatkajianhadis - November 25, 2018

Rasulullah SAW bersabda :

حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ مِنْهَالٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ قَالَ أَخْبَرَنِي عَلْقَمَةُ بْنُ مَرْثَدٍ سَمِعْتُ سَعْدَ بْنَ عُبَيْدَةَ عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ السُّلَمِيِّ عَنْ عُثْمَانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ  – رواه البخارى

Telah  menceritakan kepada kami Hajjaj Ibn Minhal telah menceritakan kepada kami Syu’bah dia berkata : telah mengabarkan kepada kami Alqamah Ibn Martsad, Aku mendengar Sa’ad Ibn Ubaidah dari Abu Abdir Rahman As-Sulami dari Utsman Ibn Affar RA dari Nabi SAW bersabda : “Sebaik-baik kamu sekalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari No. 4639). Hadis semisal juga diriwayatkan oleh Bukhari No. 4640. Tirmidzi No. 2832 dan 2833, Abu Daud No. 1240, Ibn Majah No. 207, Ahmad No. 382, 389 dan 469 dan Ad-Darimi No. 3204.

Berdasarkan statemen Rasulullah SAW melalui hadis di atas, maka belajar dan mengajar Al-Qur’an merupakan amalan yang sangat mulia dan utama. Dengan belajar Al-Qur’an, seorang muslim mampu membaca, memahami dan mengamalkan pesan-pesan di dalam Al-Qur’an. Jika belajar Al-Qur’an adalah amalan mulia,tentu mengajarkannya pun demikian. Orang yang belajar dan mengajar Al-Qur’an adalah hamba-hamba yang dilibatkan oleh Allah untuk menjaga kesinambungan Al-Qur’an hingga Hari Akhir.

Alhamdulillah, Pusat Kajian Hadis bekerja sama dengan Yayasan Dana Abadi Karya Bakti (DAKAB) menyelengarakan Workshop Guru Al-Qur’an Profesional. Workshop yang diikuti oleh 20 Asatidz Al-Qur’an yang mengajar di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dari berbagai daerah Jabodetabek diselenggarakan pada hari Sabtu dan Minggu, 17-18 November 2018 di Megamendung, Bogor.

Workshop mencakup penguasaan Diagnostic Qira’ah, Tajwid Al-Qur’an Teori dan Praktik, Mengajar Al-Qur’an Lintas Metode dan Simulasi Mengajar. Dari awal sampai akhir, Workshop ini dipandu oleh narasumber tunggal Praktisi Al-Qur’an, Ust. Ridwan Shaleh, S.Pd.I., Al-Hafizh.

“Alhamdulillah, saya sangat berterima kasih kepada PKH dan Yayasan DAKAB yang sangat memberikan perhatian besar kepada kami para Guru Al-Qur’an yang mengajar di TPQ. Worksop ini sangat bermanfaat dan luar biasa. Banyak sekali ilmu yang kami peroleh. Kami  sangat dimanjakan, semua peserta tidak dipungut biaya sepeser pun untuk semua fasilitas dari mulai transportasi, penginapan, seminar kit plus mushaf Al-Qur’an, makan dan uang saku pula. Semoga semua yang terlibat dalam Workshop Guru Al-Qur’an Profeseional ini diberikan pahala berlimpah dari Allah SWT, aamiin,” ujar salah satu peserta.

Sayang sekali Workhop ini hanya dua hari, padahal kami masih sangat bersemangat. Dan ternyata saya baru menyadari bahwa ilmu membaca Al-Qur’an itu sangat luas’, ujar salah satu peserta.

Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan Workshop berjalan dengan baik. Seluruh peserta dan panitia sangat antusias dan bersemangat mengikuti seluruh rangkaian kegitan.