Berita & Kegiatan

Workshop Digitalisasi Hadis IAIN Cirebon dan IAIN Salatiga

pusatkajianhadis - July 31, 2019

Bogor, 31 Juli 2019. Pada tanggal 13 Juli sampai dengan 18 Juli 2019 telah diselenggarakan workshop digitalisasi hadis di Pesantren PKH Cinagara, Bogor. Ada yang menarik dari acara workshop kali ini, pesertanya berasal dari 2 kampus sekaligus yaitu IAIN Cirebon sebanyak 25 orang dan IAIN Salatiga 10 orang. Ada nilai positif yang timbul dari penggabungan 2 kampus ini, yaitu menumbuhkan ukhuwah yang kuat diantara mahasiswa ilmu hadis diantara kampus-kampus Islam di Indonesia.

Kembali ke acara workshop, dalam kurun waktu 6 hari mahasiswa jurusan ilmu hadis diberikan materi tentang pengantar desain aplikasi, aplikasi pengolah grafis Adobe Fireworks, Meme Dakwah, CMS tematik PKH sampai membuat proses bundling menjadi sebuah aplikasi yang siap di install dan digunakan di perangkat Android.

Dalam materi pengantar desain aplikasi, mahasiswa diajarkan dasar ilmu dan konsep desain grafis, UI dan UX serta peng-aplikasiannya. Target dari materi ini mahasiswa mampu membuat desain aplikasi Arbain Nawawi berdasarkan materi dan konsep desain yang telah disampaikan sebelumnya.

Sebagai penunjang proses desain, mahasiswa diajarkan cara menggunakan aplikasi Adobe Fireworks sebagai alat bantu dalam membuat desain, seperti: desain aplikasi, meme dakwah, icon, mainbanner dan lain sebagainya.

Dengan fasilitas CMS PKH, mahasiswa dimudahkan dalam menyusun dan meng-input konten hadis sampai meng-aplikasikan desain yang sudah dibuat sebelumnya. Dengan bantuan aplikasi ini juga, mahasiswa tidak perlu mempelajari proses programing untuk membuat sebuah aplikasi Android, mereka cukup fokus untuk menyiapkan konten.

Selain workhop digitalisasi, mereka juga diwajibkan menghafal hadis termasuk matan, yang diambil dari 40 hadis yang mudah dihafal. Sebagai penghilang penat, kami juga mengadakan acara Cerdas Sirah, yaitu acara cerdas cermat yang materinya diambil dari Sirah Nabawiyah. Dan sebagai kegiatan penutup, mahasiswa melakukan perjalanan ke air terjun Cikaracak yang berada tidak jauh pesantren PKH.

Berikut beberapa hasil desain aplikasi Arbain Nawawi yang mereka buat.