Berita

Workshop Digitalisasi Bahan Ajar Universitas Ahmad Dahlan

pusatkajianhadis - February 20, 2018

Alhamdulillah pada tanggal 12-13 Februari telah berlangsung Workshop Digitalisasi Hadis Ilmu Hadis, bertempat di Pesantren Pusat Kajian Hadis Bogor, acara di hadiri oleh 5 Dosen jurusan Tafsir Hadis dan 21 Mahasiswa.
Acara di mulai pada tanggal 12 Februari bada dzuhur, diawali dengan pembukaan oleh Dr. Waharjani, M. Ag selaku Ketua Prodi dan Kinta Mahadji selaku team riset PKH.
Sebagai pembukaan, Dosen dan Mahasiswa diperkenalkan tentang produk-produk Pusat Kajian Hadis, oleh Kinta Mahadji selaku team riset di PKH, mulai dari aplikasi versi flash, desktop, android dan IOS, serta aplikasi yang sedang dikembangkan dan yang akan di release pada bulan berikutnya.
Pada sore harinya, Dosen dan Mahasiswa diajarkan tentang desain dasar oleh Bayu Dwi Nirman, mereka diajarkan bagaimana cara menggunakan adobe firework untuk mendesain dan implementasinya dalam membuat digitalisasi bahan ajar, alhamdulillah antusias mereka terus menyala sampai malam harinya yang kemudian ditutup dengan evaluasi harian.

Mahasiswa belajar aplikasi Desain Fireworks

Tanggal 13 Februari, bada sholat shubuh berjamaah, Dosen dan Mahasiswa menyetorkan hadis arbain mudah dihafal karya Dr. Ahmad Lutfi Fathullah, dengan sanad Imam Bukhari, hadis yang disetorkan ada yang 5, alhamdulillah ada yang dapat 10 hadis !. Dilanjutkan dengan olahraga Panahan yang diadakan di lapangan hijau dan asri, peserta di hadiri Dosen dan Mahasiwa.
Mahasiswa belajar salah satu sunnah yaitu memanah

 
Pada pagi harinya, setelah sarapan, Dosen dan Mahasiswa diajarkan tentang teori desain untuk membuat Aplikasi Android oleh Senior Desainer PKH, Agus Salim. Pada siang harinya, acara puncak yang ditunggu oleh Dosen dan Mahasiswa, yaitu implementasi dari ilmu yang telah di dapat selama 1 hari setengah, melakukan digitalisasi bahan ajar Dosen.
Narasumber melakukan review desain aplikasi yang telah dibuat

Hampir 6 jam ! Dosen dan Mahasiswa melakukan proses digitalisasi bahan ajar dosen, secara sederhana digitalisasi dilakukan secara perkelompok, para mahasiswa di bagi-bagi tugas bahan ajar yang didigitalkan dan dosen selaku pengajar melakukan quality control dan supervisi.
Narasumber turun langsung mengecek proses digitalisasi yang dilakukan peserta.

Alhamdulillah, pada pukul 21.00, 5 aplikasi Android bahan ajar Dosen Tafsir Hadis Universitas telah rampung yang selanjutnya ditutup dengan acara penutupan.

5 Aplikasi Android

Alhamdulillah selama 2 hari, kolaborasi antara Dosen Fakultas Tafstir Hadis Universitas Ahmad Dahlan dengan Mahasiswa menghasilkan 5 aplikasi android, materi yang dibuat adalah salah satu bahan ajar di kampus tersebut, 5 aplikasi android digitalisasi hadis dan ilmu hadis itu diantaranya :

  1. Kiat Meraih Rizki yang Berlimpah (Dr. Waharjani, M.Ag)
  2. 4 Pilar Hidup Sejahtera (Dr. Waharjani, M.Ag)
  3. Akhlak Bermasyarakat (Hatib Rahmawan, S.Th.I, M.Ag)
  4.  Ayat-ayat Tematik Rukun Islam (Miftah Khilmi Hidayatulloh, Lc., M.Hum)
  5. Tuntunan Keluarga Sakinah (Niki Alma Febriana Fauzi, S.Th.I, M.Mus)

Aplikasi bahan ajar dosen Universitas Ahmad Dahlan dapat di unduh di alamat:
http://pkh.or.id/apps dengan kategori kampus Universitas Ahmad Dahlan
5 Aplikasi Android Bahan Ajar UAD

Foto-foto