Berita & Kegiatan

36 Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung Menerima Pembekalan Hadis Berbasis IT dari PKH

pusatkajianhadis - January 21, 2015

Suasana pegunungan yang sejuk dan damai merupakan salah satu tempat yang sangat mendukung untuk menghilangkan penat dari hiruk pikuknya metropolitan. Bukan hanya untuk refreshing, suasana pegunungan juga mendukung seseorang untuk belajar dengan konsentrasi . Suasana alami itu bisa kita dapatkan di Pesantren PKH yang berlokasi di daerah Cinagara, Caringin, Bogor. Walau pun masih dalam taraf pembangunan, sebagian ruangan sudah bisa dimanfaatkan untuk menyelenggarakan pelatihan.

Sabtu, 3 Januari 2015, 36 Mahasiswi UIN Sunan Gunung Jati Bandung berkenan hadir untuk mengikuti Pelatihan Hadis Berbasi IT. Para mahasiswi Jurusan Tafsir Hadis ini dibekali tata cara memanfaatkan Ilmu Hadis melalui aplikasi modern untuk memudahkan studi mereka. Selain dibekali aspek pemanfaatan, mereka juga dibekali keterampilan membuat aplikasi power point yang dapat dikembangkan via flash, website mau pun android. Tak ketinggalan, mereka juga dibekali keterampilan membuat video, baik dari persiapan, editing sampai unggah di media sosial terkenal seperti Youtube.

“Alhamdulillah, pelatihan ini sangat efektif dan bermanfaat bagi kami. Insya Allah, ilmu yang kami dapat akan kami gunakan untuk karya-karya kami ke depan”, ujar salah satu peserta.

“Subhanallah,saya sangat termotivasi untuk membuat karya ilmiah yang dapat digunakan semua orang. Sebelum mengikuti pelatihan ini, saya hampir tidak pernah bermimpi untuk berkarya lebih jauh”, ujar peserta lainnya.

Di sela-sela sibuknya pelatihan, para peserta menerima tantangan menghafal 40 Hadis yang terdapat dalam buku 40 HADIS MUDAH DIHAFAL SANAD DAN MATAN RIWAT IMAM BUKHARI. Alhamdulillah, dalam hitungan 3 hari ada 3 peserta yang hafal 40 hadis beserta sanad, terjemah dan fiqh hadis dari buku karya Dr. Luthfi tersebut.

Tak terasa, tanggal di kalender sudah jatuh pada hari Kamis, 8 januari 2015. Peserta yang masih sangat betah di pesantren sudah harus mengakhiri kegiatan. Dengan berat hati para peserta harus berpisah dengan Dr. Luthfi dan Tim PKH yang seluruhnya menjadi pemateri. Kakak-kakak pemateri yang tidak kenal lelah dan bersahabat sudah tentu menjadi kenangan indah dalam ukhuwwah.

Ilal Liqa;… Sampai jumpa dan bettemu lagi dengan karya kalian untuk ummat !