Fiqih Ibadah

Hukum jabat tangan setelah sholat

pusatkajianhadis - January 25, 2016

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Pak Ustadz

Saya ingin bertanya perihal bagaimanakah adab salam menjabat tangan yang baik dalam Islam setelah mengerjakan sholat sunnah ataupun sholat wajib berjama’ah di masjid ketika itu ada disamping kanan kiri kita orang yang lagi duduk yang sama2 juga melaksanakan sholat seperti kita? Apakah hukum salam menjabat tangan tsb? Apakah itu hal yang wajib? Demikian Pak Ustadz dan Terimakasih.

Jawaban
Wa alaikumus salam wr wb.

Hukum bersalaman adalah sunnah dan tentu berpahala. Kita bisa melihat hadis riwayat Al-Barra Ibn Azib berikut :

ماَمِن مُسلِمَينِ يَلتَقِيَانِ فَيَتَصَافَحَانِ إِلَّا غُفِرَ لَهُمَا قَبلَ أَن يَتَفَرَّقَا

“Tidaklah dua orang muslim bertemu lalu mereka bersalaman melainkan Allah ampuni mereka berdua sebelum mereka berpisah.” (HR. Abu Daud No. 4535, At Tirmidzi No. 2651 dan  Ibnu Majah No. 3703 )

Hadis di atas tidak menjelaskan kapan kesunahan itu dilakukan. Yang paling umum adalah ketika dua orang sesama muslim saling bertemu. Bagaimana jika dilakukan setelah shalat ? Jawabannya tentu bisa beragam :

  1. Bid’ah, jika bersalaman setelah shalat dianggap wajib
  2. Boleh, karena tidak ada dalil yang melarangnya

Untuk menerapkan kesunnahan ini, sebaiknya melihat kondisi. Sekiranya dianggap mengganggu kekhusyu’an berdzikir setelah shalat, sebaiknya tidak perlu dilakukan “teng” saat itu, tapi bisa dilakukan bersama-sama setelah dzikir selesai. Namun jika ada orang di samping kita mengajak salaman ketika kita berdzikir, ya tidak ada salahnya menanggapi.

Wallahu a’lam.