Fiqih Muamalah

Sholat Jum’at

Kinta Mahadji - October 21, 2020

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh. Ustadz, saya mau bertanya. Saya bekerja sebagai cleaning service di mall. Tiap hari saya pulang kerja pukul 12.00 walaupun di hari Jum’at. Dan tiap saya pulang kerja dan mau sholat jum’at selalu tidakpernah bisa. Bahkan saya sudah tidak sholat jum’at lebih dari 3x berturut-turut. Dan izin pada bos juga tidak boleh, karna sudah peraturan. Lalu bagaimana pandangan ustadz dalam masalah yang besar seperti ini? Dan bagaimana jalan keluarnya? Terima kasih. Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh.

Jawaban :

Wa alaikumus salam wr wb.

Jika tidak darurat ekonomi, anda wajib berhenti bekerja di tempat tersebut. Carilah pekerjaan lain yang anda bisa menjalankan kewajiban shalat 5 waktu terutama shalat Jum’at.

Jika memang darurat ekonomi, anda wajib shalat zuhur karena tidak bisa shalat Jum’at. Anda juga wajib mencari pekerjaan lain dan setelah mendapatkannya wajib pindah dari tempat bekerja anda sekarang.

Perbanyak istighfar, shalawat dan dpa yang kuat kepada Allah agar anda ditempatkan oleh Allah di tempat pekerjaan yang baik dan berkah.

 

Wallahu A’lam.