Berita

Workshop Guru Tahfizh Al-Qur’an Profesional

pusatkajianhadis - September 16, 2019

Pusat Kajian Hadis (PKH) bekerja sama dengan Yayasan Dana Abadi Karya Bakti (DAKAB) menyelenggarakan Workshop Guru Tahfizh Al-Qur’an Profesional. Worshop dilaksanakan di Villa Yayasan DAKAB selama dua hari, Sabtu-Minggu, 14-15 September 2019, diikuti oleh 11 Madrasah/Sekolah, yaitu :

  1. SMP MADINA ISLAMIC SCHOOL
  2. SMP AZHARI RASUNA ISLAMIC SCHOOL
  3. SMPIT AS-SALAM
  4. SMPIT AN-NIZHOMIYAH
  5. SMP KHOIRUR ROZIQIN
  6. MTSN 41 AL AZHAR ASY-SYARIEF
  7. MTSN 4 JAKARTA SELATAN
  8. MTSN 39 JAKARTA UTARA
  9. MTSN 17 JAKARTA TIMUR
  10. MTSN 36 JAKARTA BARAT
  11. MAN 7 JAKARTA SELATAN

Materi Worksop Guru Tahfzih Al-Qur’an Profesional meliputi :

  1. Problematika Tahfizh Al-Qur’an dan Keistimewaannya.

Materi ini membahas secara detail segala macam problematika yang terdapat di sekolah penyelenggara Program Tahfizh. Narasumber membantu para peserta untuk menganalisa dan mengidentifikasi problematika yang ditemukan, baik dari sisi metodologi, sumber daya guru, kebijakan sekolah, siswa dan segala hal yang mempengaruhi potensi maju dan mundurnya program tahfizh. Setelah menganalisa dan mengidentifikasi, para peserta mengikuti sharing antar guru tahfizh untuk menemukan solusi yang tepat.

  1. Pengembangan Wawasan Ilmu Tajwid Khusus.

Pada sesi ini para peserta diberikan materi ilmu tajwid tingkat lanjutan. Materi ini diberikan dengan tujuan agar guru lebih mudah mengajarkan Tahsin Qira’ah Al-Qur’an kepada anak didik, baik kecakapan didaktik praktik dan teoritis. Materi yang disampaikan narasumber mencakup : Membedah Huruf Hija’iyah Melalui Makhraj Dan Sifatnya, Qira’ah Gharibah dan Pemantapan Qira’ah Individual.

Jadwal kegiatan workhop  sangat padat, namun seluruh peserta sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara dan materi yang disampaikan oleh Ust. Ridwan Shaleh, Al-Hafizh.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur bisa mengikuti Workshop Guru Tahfizh Al-Qur’an Profesional. Seluruh materi yang disampaiakn sangat menyentuh persoalan dan sangat subtansial, baik secara teknis maupun non teksnis. Selain itu, materi ilmu tajwid yang disampaikan oleh Ustadz Ridwan sangat luar biasa. Materi tajwid yang disampaikan sangat detail dan sangat mudah difahami. Selain melatih pelafalan makhraj dan sifat huruf, narasumber juga memberikan materi Qira’ah Gharibah yang tidak umum, lain dari biasanya. Dan yang kami lebih salut, beliau menyampaikan materi yang cukup berat ini  tanpa terkesan menggurui sedikitpun. Selain kepada narasumer, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pimpinan PKH, Al-Mukarram DR. KH. Ahmad Lutfi Fathullah beserta staf, juga kepada Ketua Pelaksana Harian Yayasan DAKAB, yang tercinta Ibunda Hj. Susan Narulita beserta staf dan tentunya kepada ketua panitia, Ust. Tarsim Fillah, S.Kom dan semua rekan panitia. Semoga ilmu yang kami peroleh bermanfaat guna mengembangkan Program Tahfizh Al-Qur’an di lembaga kami masing-masing, aamiin”, ujar salah satu peserta workhop.