Ustadz Menjawab

Bekerja di Bar

pusatkajianhadis - May 17, 2018

Assalamualaikum wr wb Ustadz.. Saat ini sy bekerja di sebuah kapal pesiar di F &B Dept.tepatnya di Bar. Sy pernah mendengar dan jg membaca tentang hadist yg berkaitan dengan khamr/ minuman keras.. Terus terang Ust sy belum “sreg” dgn pekerjaan sy ini , in sya Allah sy siap hijrah. Mohon penjelasannya Ustadz Sy mengucapkan banyak terima kasih sebelum dan sesudahnya. At Sea to Barcelona Menjelang Subuh 5.10 Local time Wassalamu alaikum wr wb. Tri Wahyudianto. Bar Waiter.

Jawaban :

Wassalamu alaikum wr wb.

عَن ابْنَ عُمَرَ يَقُولُ:  قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لُعِنَتْ الْخَمْرُ عَلَى عَشْرَةِ أَوْجُهٍ بِعَيْنِهَا وَعَاصِرِهَا وَمُعْتَصِرِهَا وَبَائِعِهَا وَمُبْتَاعِهَا وَحَامِلِهَا وَالْمَحْمُولَةِ إِلَيْهِ وَآكِلِ ثَمَنِهَا وَشَارِبِهَا وَسَاقِيهَا (رواه ابن ماحه)

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata: Telah bersabda Rasulullah ﷺ: “Khamr telah dilaknat dalam sepuluh sisi: khamr itu sendiri, pemerasnya (pembuatnya), yang meminta diperaskan, penjualnya, pembelinya, pembawanya, yang meminta dibawakan kepadanya, yang memakan hasil penjualannya, peminumnya, dan penuangnya” [Diriwayatkan oleh Ibnu Maajah no. 3371, diriwayatkan juga oleh Ahmad N0. 5458 dan Ibn Majah No. 3189)

Jika memperhatikan hadis di atas, maka pekerjaan anda sekarang termasuk dosa besar. Segera tinggalkan pekerjaan tersebut secepatnya. Berdo’a dan minta kepada Allah agar anda ditempatkan pada pekerjaan halal dan berkah, aamiin.

Wallahu a’lam