Fiqih Ibadah

Wujud asli malaikat

pusatkajianhadis - January 12, 2016

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Pak Ustadz
Saya ingin bertanya perihal apakah nantinya di Padang Mahsyar kita bisa melihat wujud asli dari Malaikat dan Jin? Di Padang Mahsyar nanti, kita akan berada di sana selama 50.000 tahun lamanya.

  1. Apakah tahun di Padang Mahsyar perhitungannya sama atau tidak dengan tahun di Dunia (Bumi)? Dan satu lagi, apakah nantinya manusia di Padang Mahsyar dalam keadaan tanpa pakaian atau tidak?
  2. Dan terakhir, sebenarnya Padang Mahsyar ini sudah Allah ciptakan atau belum?
  3. Saya pernah dengar tenntang ayat2 di Al-Qur’an bahwa nantinya Bumi akan Allah gantikan dalam bentuk lain setelah terjadi hari Kiamat.

Demikian Pak Ustadz dan Terimakasih.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Jawaban
Wa alaikumus salam wr wb.

َنْ عَائِشَةَ قَالَتْ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ يُحْشَرُ النَّاسُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حُفَاةً عُرَاةً غُرْلًا قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ النِّسَاءُ وَالرِّجَالُ جَمِيعًا يَنْظُرُ بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا عَائِشَةُ الْأَمْرُ أَشَدُّ مِنْ أَنْ يَنْظُرَ بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ

Diriwayatkan dari aisyah dia berkata: “ saya pernah mendengar rasulullah berkata:” pada hari kiamat para manusia akan dikumpulkan di padang mahsyar tanpa alas kaki, dengan telanjang dan tidak berkhitan. “ saya bertanya. “ ya rasulallah, laki-laki dan perempuan dan saling melihat seperti itu. Rasulullah menjawab:” hai aisyah kesulitan mereka jauh melebihi keinginan meraka untuk melihat.” (HR. Muslim)
1 hari di akhirat sama dengan 1000 tahun di dunia.
Hanya itu yang bisa saya jawab, selebihnya Wallahu a’lam