Fiqih Ibadah

Selalu merasakan keluar kencing saat sholat

Kinta Mahadji - January 26, 2022

Assalamu Alaikum, pak Ustadz.

Saya selalu merasakan kencing keluar saat sholat yg terjadi dalam seluruh sholat 5 waktu, terutama maghrib dan isya. Padahal saya sdh beristibra’ dan kencing dengan jarak yg jauh dengan sholat (15-25 mnt) hal ini hanya terjadi ketika sholat, jika diluar sholat jarang2 sekali terasa keluar kencing walau saya berlari lompat atau bergerak yang berat. Saya capek dengan was was ini hingga pernah berwudhu 3/4 kali karena selalu merasa keluar kencing setiap saat berwudhu, saya sdh pernah ke dokter dan dokter bilang saya normal, dia bilang itu hanya perasaan, sah kah sholat saya? Saya sangat capek dan stress hingga kepala saya pusing dan berat, adakah saran bagi saya?

Jawaban :

Anda menderita penyakit was-was. Cara menghilangkan penyakit was-ws adalah dengan banyak berdzikir dan beristighfar.

Banyaklah membaca Ta’awudz (A’udzu Billahi Minasy Syaithanir Rajiim). Surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, Am-Nas, Ayat Kursi dan dikir La haula wala Quwwata Illa billah.

Shalat anda tetap sah ! Jika dalam shalat perasaan itu muncul lagi, biarkan saja. Lawan saja, yakinkan diri anda bahwa Anda tidak kencing dan teruskan shalat sampai selesai.

 

Wallahu A’lam.

Ridwan Shaleh

Support Dakwah Pusat Kajian Hadis via link :

http://Donasi.pkh.or.id