Ustadz Menjawab

Perihal jodoh

Kinta Mahadji - December 10, 2018
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Nama saya Dimas, saya seorang mualaf Saya menjadi mualaf berkat hidayah dari seorang gadis yang saya sayang. Tadinya saya sudah ingin menjadi mualaf sebelum kenal dengan gadis tersebut, namun setelah kenal dengan gadis tersebut saya semakin yakin dan mantap untuk menjadi seorang mualaf. Namun gadis itu akhirnya meninggalkan saya. Sewaktu belum kenal dengan saya gadis itu pernah berkata kalau dia sering shalat istikharah akhirnya memimpikan saya, kemudia dalam beberapa hari saya mengajaknya berkenalan. Padahal sebelumnya kami sudah tau satu sama lain dan gadis itu sangat membenci saya sebelum kami kenal. Saya juga pernah meminta kepada Allah sebanyak 2x “ya Allah jika gadis itu bukan jodoh saya maka jauhkanlah, jika jodoh saya maka dekatkanlah”. Sewaktu permintaan pertama saya panjatkan dalam beberapa jam gadis itu menjadi cuek dengan saya. Kemudian saya panjatkan permintaan kedua gadis itupun memutuskan hubungan kami. Namun sampai sekarang saya masih berdoa dan meminta kepada Allah agar gadis tersebut menjadi jodoh saya. Yang mau saya tanyakan 1. Apakah dia pertanda jodoh saya? 2. Apakah permintaan saya 2x kepada Allah itu benar” dikabulkan oleh Allah atau hanya kebetulan semata? 3. Apakah saya salah jika masih meminta kepada Allah menjodohkan saya dengan gadis itu dengan menyebut namanya? Mohon pencerahanya pak ustadz, maaf jika terlalu panjang dan terima kasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Jawaban :
Wa alaikumus salam wr wb.
Jodoh memang mutlak urusan Allah SWT. Karena hanya Allah yang Maha Mengetahui siapa jodoh kita, maka secara lahiriyah kita dibolehkan meminta dijodohkan oleh siapa saja, termasuk wanita idaman anda. Yang namanya permohonan tentu tidak selamanya ditolak dan tidak selamanya dikabul. Menolak atau mengabulkna permintaan kita adalah mutlak hak prerogatif Allah SWT.
Lalu sampai kapan anda berdo’a seperti itu ? jawabnya tidak terbatas waktu. Sampai kapan pun Anda boleh berdo’a seperti itu. Allah SWT lebih tahu anda dijodohkan dengan siapa, apakah dengan wanita idaman anda atau dengan wanita lain yang lebih baik bahkan lebih shalihah.
Saran saya, sebaiknya anda minta dijodohkan oleh wanita shalihah dan baik. Jika mintanya seperti itu, jika Allah berkehendak, jawabannya bisa dua, entah Allah jodohkan dengan wanita lain atau dengan wanita idaman anda jika dia shalihah.
Wallahu a’lam.