Munakahat

Hukum Kawin kontrak

pusatkajianhadis - April 26, 2016

Assalamu alaikum wr wb.
Ustad apa hukumnya orang yang melakukan kawin kontrak.? saya pernah dengar di salah satu pengajian,kalo kawin kontrak itu hukumnya sah dari pada berbuat zina. Walaupun kontraknya hanya 1 jam.mohon penjelasannya ustadz,terima kasih.
 
Wassalamu allaikum wr wb
Jawaban :
Nikah yang anda tanyakan disebut nikah mut’ah atau lebih dikenal dengan istilah kawin kontrak. Bagaimana hukumnya ? Nikah kontrak atau nikah mut’ah sudah disepakati keharamannya oleh 4 madzhab dan jumhur Shabat Rasulullah SAW.
Salah satu dalil pengharamannya adalah :

عَن الرَّبيْع بن سَبْرَة عَنْ أَبِيْه ِرضى الله عنه أَنَّهُ كَانَ مَعَ رَسُوْلِ الله صلى الله عليه وسلم فَقَالَ : ياَ أَيَّهَا النَّاسُ إِنِّي قَدْ كُنْتُ أَذِنْتُ لَكُمْ فِي الاسْتِمْتاَعِ مِنَ النِّسَاءِ , وَ إِنَّ اللهَ قَدْ حَرَّمَ ذلِكَ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ , فَمَنْ كاَنَ عِنْدَهُ مِنْهُنَّ شَيْءٌ فَلْيُخْلِ سَبِيْلَهُ , وَ لَا تَأْخُذُوْا مِمَّا آتَيْتمُوْهُنَّ شَيْئاً

Dari Rabi` bin Sabrah, dari ayahnya Radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya ia bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau bersabda: “Wahai, sekalian manusia. Sebelumnya aku telah mengizinkan kalian melakukan mut’ah dengan wanita. Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala telah mengharamkannya hingga hari Kiamat. Barangsiapa yang mempunyai sesuatu pada mereka , maka biarkanlah! Jangan ambil sedikitpun dari apa yang telah diberikan.(HR. Muslim)
 

عَنْ سَلَمَةَ بْنِ اْلَأكْوَع ِرضى الله عنه قَالَ: رَخَّصَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم عَامَ أَوْطاَس فِي اْلمُتْعَةِ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ ثُمَّ نَهَى عَنْهَا

Dari Salamah bin Akwa`Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memberikan keringanan dalam mut’ah selama tiga hari pada masa perang Awthas (juga dikenal dengan perang Hunain), kemudian beliau melarang kami”. (HR. Muslim).
Wallahu a’lam