Berita & Kegiatan

Tiga TK dari Wilayah Cigombong, Sukabumi Gelar Kegiatan Manasik Haji dan Umroh di PKH

Pusat Kajian Hadis - December 21, 2021

Bogor – Sebanyak 70 Anak dari 3 Sekolah TK dari wilayah Cigombong, Sukabumi telah melaksanakan Manasik Haji dan Umrah di Pesantren Pusat Kajian Hadis pada 21 Desember 2021. Ketiga TK tersebut antara lain TK Pertiwi pimpinan Ibu Cucun selaku ketua rombongan, TK Alfalah pimpinan Ibu Mamay dan TK Pratiwi pimpinan Ibu Sugri.

Pengajar Manasik Haji dan Umrah kali ini diampu oleh Ustadzah Siti Romlah dan Ustadzah Nurrohmah dengan materi dimulai dengan berkumpul di Aula Utama PKH.

Pada kesempatan itu, Ustadzah Siti Romlah mengarahkan kepada anak-anak agar duduk diam dan menyimak dengan seksama semua arahan yang disampaikan sambil mengajak anak-anak melakukan yel-yel yang biasa dilakukan di TK masing-masing.

Dalam penyampaian materinya, Ustadzah Siti Romlah mengajak anak-anak untuk membayangkan seolah-olah sedang berada di Bandara Sukarno Hatta, kemudian naik pesawat terbang, membaca do’a, dan banyak berdzikir sampai tiba di Bandara Madinah.

Materi berlanjut dengan mengajak anak-anak berkumpul di bawah Aula Utama dengan berbaris rapih, dan bersiap menuju Goa Hiro, Goa Tsur dan Goa Kahfi, yang kemudian dilanjutkan berjalan menuju Arafah, melempar jumrah, melewati terowongan Mina, kemudian kembali ke Mekkah untuk melakukan Tawaf, dilanjutkan dengan melaksanaan Sai dan ditutup dengan tahallul.

Acara yang berlangsung dari pagi hingga siang itu berjalan lancar dan khidmat. Dan perwakilan dari ketiga TK yang mengikuti kegiatan manasik haji dan umroh di PKH menyatakan kepuasannya.

“Disini lebih khusuk, saya sampai menangis saking miripnya”, ujar Ibu Mamay dari TK Alfalah.

Sedangkani Ibu Cucun dari TK Pertiwi juga menyampaikan bahwa kegiatan manasik di PKH membuat dirinya ingin kembali lagi ke Mekkah. “Jadi mengingatkan kita pengen balik lagi ke Mekkah,” tandas ibu Cucun.

Namun ada juga masukan dari perwakilan TK Pratiwi Ibu Sugri yang menyatakan tangga di lokasi kegiatan manasik agak licin.

Menanggapi hal tersebut, Ibu Siti Romlah selaku pengurus dan pengajar di Pesantren PKH menyampaikan, “Betul, kami sudah ikhtiarkan dibersihkan terus agar tidak licin, namun karena kondisi disini dingin, jadi lumut terus ada”.[]

Beberapa foto kegiatan dari Manasik Haji dan Umrah 3 TK.