Membantu para orang tua, sebuah sekolah Islam baru telah dibuka di Preston untuk membantu siswa berkebutuhan khusus.
Baca juga: Orangtua Muslim Khawatir atas Konten LGBT di Sekolah London Timur
Paradise Gems, yang dijalankan dari Sekolah Dasar Frenchwood, melayani 18 siswa, mulai dari usia lima hingga 20 tahun.
Siswa tersebut memiliki berbagai tingkat Autisme, ADHD, kondisi perkembangan, Downs Syndrome, dan kesulitan belajar lainnya.
“Semua siswa dinilai dengan hati-hati oleh tim SENDCO kami dan diberikan rencana pelajaran dan metode yang sesuai dengan kebutuhan mereka,” kata Sajedah Maka-Ismail, salah satu pendiri Preston Gems, mengatakan kepada Lancashire Telegraph .
“Kami sangat diberkati dengan donasi dan sekarang telah membeli beberapa sumber sensori yang luar biasa, yang bekerja dengan baik untuk metode pengajaran.”
Sekolah Islam (madrasah) ini bertujuan untuk memberikan Pendidikan Islam kepada anak-anak dan dewasa muda.
“Kami bertujuan untuk mempromosikan inklusi sosial untuk semua dan fokus pada pembelajaran satu per satu sesuai dengan kecepatan siswa,” kata Sajedah Maka-Ismail yang membantu mengelola madrasah.
“Visinya adalah untuk menciptakan kesadaran dan pemenuhan kebutuhan Pendidikan Khusus dan Disabilitas (SEND) anak-anak dan dewasa muda.
“Kami ingin dapat memajukan pembekalan pendidikan Islam kepada anggota komunitas KIRIM dalam lingkungan yang aman dan layak.
“Mereka mengamati prinsip dan praktik Islam, yang mereka pelajari sangat sedikit atau tidak sama sekali dalam beberapa kasus. Beberapa dari orang-orang ini belum pernah ke tempat yang sama sebelumnya dan itu benar-benar pengalaman nyata bagi mereka.”
Luckman Ismail, salah satu pendiri, mengatakan tim ingin “memberdayakan mereka dengan pengetahuan yang akan membantu mereka memahami iman dan kehidupan sehari-hari.”
Dia berkata: “Kami ingin mereka menjadi Muslim yang bertanggung jawab, menghormati, siap secara sosial dan emosional untuk menghadapi dunia yang lebih luas. Kami memasukkan nilai-nilai, budaya Inggris, dan menerapkan keyakinan Islam, sehingga ada pemahaman yang benar tentang mengapa tindakan diambil dengan cara tertentu.
“Staf kami menerapkan berbagai metode dan strategi pengajaran yang akan digunakan secara efektif dan tepat untuk mengakomodasi gaya belajar yang berbeda.
“Kami memiliki staf terlatih yang menyediakan lingkungan belajar yang sangat efektif dan terkelola dengan baik di mana kebutuhan individu setiap murid dapat dipenuhi.”
Integrasi anak-anak berkebutuhan khusus ke dalam sistem sekolah merupakan isu yang sedang dibahas di seluruh dunia.
Di Eropa, jumlah siswa berkebutuhan khusus di kelas reguler semakin meningkat sementara jumlah mereka yang berada di kelas berkebutuhan khusus eksklusif yang terpisah menurun.[ah/aboutislam]