Berita & Kegiatan

Manasik Haji dan Umrah TK Assalamiyah dari Megamendung

Pusat Kajian Hadis - January 12, 2022

BOGOR – Sebanyak 44 siswa yang terdiri dari 22 laki-laki dan 22 perempuan dari TK Assalamiyah pada tanggal 4 Januari 2022 lalu telah melaksanakan program kegiatan Manasik Haji dan Umroh di Pesantren Kajian Hadis (PKH).

TK Assalamiyah yang dipimpin oleh Ibu Aminah ini berasal dari desa Cipayung kecamatan Mega Mendung, Kabupaten Bogor.

Pelaksanaan kegiatan Manasik Haji dan Umroh TK Assalamiyah berjalan dengan baik dan lancar dengan dipandu oleh Ustadzah Nurrohmah dari PKH.

Selain belajar prosesi Manasik Haji dan Umrah dari awal hingga akhir, ke-44 siswa dari TK Assalamiyah juga berfoto-foto di depan miniatur Ka’bah yang dibikin semirip mungkin dengan Ka’bah asli yang ada di Mekkah.

Ibu Aminah selaku pimpinan TK Assalamiyah menyatakan kepuasannya dengan membawa para anak didiknya untuk melakukan kegiatan Manasik Haji dan Umroh di Pesantren Kajian Hadis (PKH). Dan beliau berharap tahun-tahun berikutnya akan tetap melaksanakan kegiatan manasik di PKH.

“Saya merasa puas dan terbantu dengan bimbingan ustadzah Nurrohmah dalam pelaksanaan kegiatan manasik Haji dan Umroh ini. Semoga semakin erat hubungan dan silaturahminya, semoga di tahun-tahun berikutnya kami dapat hadir lagi. Dan kegiatan ini bisa jadi landasan awal jika kami mau umroh dan haji,” ujar Ibu Aminah.

Tidak lupa ibu Aminah juga menyampaikan terima kasih banyaknya kepada pembimbing kegiatan yang sudah memandu acara Manasik Haji dan Umroh TK Assalamiyah berjalan dengan suksus.

“Semoga sehat selalu dan terima kasih banyak atas semua bimbingan Ustadzah,” pungkas Ibu Aminah.

Mengenalkan ritual ibadah haji kepada anak-anak sejak dini sangat baik dilakukan. Karena hal ini bertujuan agar mereka bisa mengetahui rukun Islam yang kelima.

Beberapa manfaat dari Kegiatan Pelatihan Manasik Haji dan Umroh untuk anak-anak TK diantaranya adalah: meningkatkan pemahaman dan ketrampilan mereka terhadap ibadah haji; memotivasi mereka untuk menyempurnakan rukun Islam (ibadah Haji); meningkatkan pemahaman dan ketrampilan serta memotivasi masyarakat, dalam hal ini tenaga pendidik dan wali murid yang terlibat dalam pelatihan.

Jadi pelatihan manasik haji menjadi penting dalam meningkatkan pemahaman dan ketrampilan ibadah haji bukan hanya bagi peserta didik usia dini melainkan juga bagi guru dan wali murid.[]