Artikel Islam

Doa Mencegah Wabah Corona

pusatkajianhadis - March 22, 2020

Assalamu’alaykum wr wb

Dari Pusat Kajian Hadis,
Kiai DR Ahmad Luthullah, MA

Melihat musibah corona yang seperti ini, rasanya, kita harus lebih bertawakkal kepada Allah, kita pengen beli obatnya, di apotik belum tersedia obatnya, dirumah sakit pun di isolasi dan diberi vitamin, bukan obatnya. Akan tetapi islam itu ada langkah untuk mencegah, dan mengobati, keduanya islam punya, lewat apa? lewat yang punya corona, lewat yang menciptakan corona, yaitu Allah SWT, walau seperti apapun juga, virus itu juga adalah mahluk Allah, dan Allah pasti mampu untuk mematikan virus tersebut atau mengusirnya dari tubuh seseorang atau dari daerah seseorang.

Untuk itu, saya ingin sekali mengajak kita semuanya, bangsa Indonesia, untuk membaca doa ini agar terhindar dari virus corona, do’anya apa ? do’anya yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Saya punya buku 40 Hadis Keutamaan Dzikir dan Berdzikir, disini saya kumpulkan, wirid apa ya yang cocok untuk kondisi saat ini, tentunya saya tidak ingin membahas manfaatnya secara kontekstual, tapi inlah rujukan saya, dan semuanya bersumber dari Rasulullah saw.

Yang pertama kita baca setelah bismillah adalah:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Ini manfaatnya adalah, kalau orang yang membaca bismillahi tawakaltu, ada orang yang jawab adalah sudah cukup, perlindungan kita sudah cukup karena kita berlindung kepada Allah SWT. Oleh karena itu wirid yang pertamanya adalah :

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Wirid yang kedua adalah:

بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِى اْلاَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Hadisnya sahih, diriwayatkan oleh Abu Daud, Tirmidzi, dan beberapa imam yang lainnya, dan ini dipakai oleh para ulama, dipakai oleh para sahabat untuk menghindarkan dari binatang-binatang buas bahkan adanya racun.
Doa yang ketiga adalah do’anya nabi Ibrahim, do’anya nabi Muhammad ketika di perang Khandak.

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ, وَلَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Doa yang ke-empat adalah do’anya Nabi Yunus as :

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ

Dan doa selanjutnya adalah:

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

Atau

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ

Saya cenderung pakai sarri maa ajid, sekarang yang kita dapati adalah wabah Corona, maka kita minta kepada Allah dengan kalimat yang sempurna, dengan kekuasaan yang sempurna, agar kita dihindari dari musibah ini.

Ulama menambahkan wiridan tapi bukan hadis, bagus kita gunakan dan tidak salah secara makna.
Wiridnya adalah:

تَحَصَّنَّا بِذِىْ العِزَّةِ وَالْجَبَرُوْتِ، وَاعْتَصَمْنَا بِذِي المُلْكِ وَالمَلَكُوْتِ، وَتَوَكَّلْنَا عَلَى الحَيِّ الَّذِيْ لاَيَمُوْتُ، اِصْرِفْ عَنَّا الْبَلاَءَ وَالْوَبَاءَ، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Insya Allah kita terhindar dari musibah Corona, alhamdullilahirabbil alamin. Dan jangan lupa, jangan sampai pakai ragu, jangan pakai wah yang bener ini, tapi kalau kita sudah baca dan tiga kali, dan bacanya juga sesuai dengan teks hadisnya bacanya pagi hari sebelum kita keluar, dan maghrib minimal 2 kali, kalau kita mau lengkapi setiap habis sholat lima waktu, itu lebih cakep lagi, lebih bagus lagi.

Ayo kita amalkan, insya Allah kita akan terjaga dari musibah ini, walhamdulillahirabbil alamin.

Download (PDF) Doa menolak Wabah:
https://pkh.or.id/wp-content/uploads/2020/03/Pusat_Kajian_Hadis_Doa-Tolak-Wabah.pdf

Download Kitab 40 Hadis Keutamaan Dzikir dan Berdzikir
https://perpustakaanislamdigital.com/index.php/fp/flip/hd_zr1#book/