Fiqih Ibadah

Jenis cincin nikah laki laki yang boleh di gunakan dalam islam

pusatkajianhadis - February 22, 2016

Assalmmualaikum wr wb
Saya ingin menanyakan jenis bahan apa yang di bolehkan dalam islam untuk cincin nikah bagi laki laki?
lalu apa kah boleh laki laki menggunakan cincin nikah dengan bahan mas putih atau palladium ?
terima kasih
Dede
Wa alaikumus salam Wr Wb.
Sebetulnya pertanyaan ini membahas dua hal :

  1. Hukum tukar cincin dalam perkawinan.
  2. Bolehkah lelaki memakai cincin yang ada unsur emasnya ?

Tukar cincin bukanlah pemberian mahar. Tukar cincin adalah salah satu adat atau kebudayaan yang entah dari mana datangnya juga belum diketahui. Asda yang mengatakan itu budaya barat atau budaya yahudi. Jika memang benar demikian, sebaiknya hindari saja. Tapi jika memang bukan, maka hukumnya kita bahas untuk poin ke dua. Namun yang lebih baik adalah meninggalkan budaya tersebut. Yang wajib adalah mahar, bukan tukar cincin. Alihkan saja budget tukar cincin untuk menambah mahar. Semakin besar mahar yang anda berikan kepada istri, semakin besar pula pahala yang didapat. Dari pada tukar cincin yang tidak jelas juntrungannya dari mana.
Palladium adalah semacam logam mulia, bukan emas. Prinsipnya, Islam mengharamkan menggunakan emas untuk laki-laki, baik untuk cincin, kalung dsb. Bagaimana jika campuran ? sama saja, sedikit atau banyaknya emas ya tetap haram dipakai oleh laki. Jadi, jika cincin tersebut murni dilapisi palladium, tentu boleh hukumnya.
عَنْ أَبِي مُوسَى أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أُحِلَّ الذَّهَبُ وَالْحَرِيرُ لِإِنَاثِ أُمَّتِي وَحُرِّمَ عَلَى ذُكُورِهَا
“Dari Abu Musa, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Emas dan sutra dihalalkan bagi para wanita dari ummatku, namun diharamkan bagi para pria’.” (HR. An Nasai dan Ahmad )
 
Wallahu a’lam