Film World Hijab Day Menggali Mengapa Muslimah Memilih Hijab

 

Saat dunia memperingati 11 tahun Hari Hijab Sedunia, sebuah film pendek baru berjudul World Hijab Day telah dirilis di Kanada untuk mengeksplorasi kesalahpahaman seputar hijab dan mengapa sebagian wanita Muslim di Edmonton memilih untuk mengenakan penutup kepala.

Baca juga: JobHijab Situs Baru yang Bantu Hijaber Prancis Mencari Kerja

Film World Hijab Day berjudul sama dengan acara tahunan yang didirikan pada 2013.

“Saya ingin membuat video ini untuk menyebarkan kesadaran dan hanya mendidik orang,” kata Amal Mohamud, pembuat film Edmonton di belakang proyek tersebut, CBC melaporkan.

Melihat jilbab sebagai simbol keimanannya, Amal Mohamud mengatakan dia ingin orang tahu mengapa wanita Muslim memilih jilbab.

“Ini seperti penyerahan diri saya kepada Tuhan saya. Itu mewakili kesopanan, moralitas, privasi, dan hanya menjadi orang baik dan panutan yang baik, ”katanya.

Hadir setiap tahun pada tanggal 1 Februari, puluhan negara menandai Hari Hijab Sedunia melalui serangkaian acara.

Acara yang merupakan gagasan dari Nazma Khan yang berbasis di New York ini bertujuan untuk memupuk toleransi dan pemahaman beragama dengan mengajak Muslim non-Hijabi dan non-Muslim untuk merasakan hijab selama satu hari.

Dalam film tersebut, bagian dari Jaringan Kreatif CBC yang bertujuan untuk memperkuat suara generasi penerus Kanada, Mohamud mewawancarai advokat komunitas Safia Ibrahim dan influencer media sosial Hafsa Bint Yusuf, yang memiliki hampir 200.000 pengikut di TikTok.

Menjelajahi sikap masyarakat terhadap hijab, Mohamud yakin ada jalan panjang untuk memperbaiki kesalahpahaman tentang hijab dan wanita Muslim.

“Saya merasa jalan masih panjang untuk mengatasi rasisme,” kata Mohamud.

Namun, dia berharap filmnya akan membantu mendiversifikasi film dan televisi Kanada, terutama dalam hal penggambaran wanita Muslim.

“Saya pikir kami tidak pernah benar-benar memiliki film dokumenter yang hanya berfokus pada jilbab,” kata Mohamud.

“Itu adalah bagian dari identitas kami. Kami adalah guru, kami pendidik, kami pemberi pengaruh, kami pembuat film. Kami memiliki kepribadian kami sendiri.”

Bagi wanita muslimah, berhijab adalah ibadah sekaligus cara mengamalkan kesopanan, prinsip yang diharapkan dalam perilaku dan cara berbusana setiap muslim

Islam melihat jilbab sebagai kode pakaian wajib, bukan simbol agama yang menampilkan afiliasi seseorang.[ah/aboutislam]

Donasi PKH
  • sultan69