Fiqih Muamalah

Bagaimana pendapat Ustadz menegenai program KUR yg lagi di galakkan pemerintah? apakah boleh masyarakat mengambilnya?

pusatkajianhadis - March 28, 2016

Assalamu alaikum Ustadz, saya seorang penggiat UMKM di kota Makassar.saat ini saya mengelola usaha Game centre dan sedang berfikir untuk mengembangkan usaha kami, dalam hal ini menambah jumlah unit komputer client kami.
kendalanya saat ini adalah keterbatasan modal usaha yg kami miliki, sementara saya baca beberapa artikel bahwa saat ini pemerintah sedang menggalakkan program KURnya yg disalurkan oleh bank-bank pemerintah serta BUMN untuk membantu pengusaha mikro menggerakkan usahanya dalam hal ini permodalan tentunya dengan suku bunga yg murah.. antara 5%s/d max 9%/ tahun.
pertanyaan saya ustadz,apa boleh masyarakat ermohon serta mengambil bantuan pinjaman dari pemerintah tersebut?
demikian pertanyaan dan kegelisahan saya saat ini ustdz.. atas bantuan dan nasehatnya tak lupa saya ucapkan Syukran jazakumullah Kahiran
Jawaban :
Wa alaikumus salam Wr Wb.
Yang terbaik adalah tidak mengambilnya. Usahakanlah mencari pengembangan usaha melalui pinjaman bebas bunga atau bebas riba’.
Yang kita inginkan dari usaha bukanlah terbatas pada keuntungan senata. Namun yang terpenting adalah usaha kita halal, berkembang, maju dan berkah. Ketika kita bersabar untuk menjauhi yang haram, maka Allah SWT agan menggantinya dengan yang lebih baik dan berkah. Tapi jika kita kita tidak sabar, tentu yang kita dapatkan hanyalah keuntungan semata di dunia tapi merugi di akhirat.
Wallahu a’lam.
 
Ridwan Shaleh