Fiqih Ibadah

MengAdzan kan bayi yg baru lahir

pusatkajianhadis - March 8, 2016

Assalamua’laikum wr.wb
Ustadz saya mau bertanya,apakah ada,dalil yg mewajibkan/mensunahkan kita sebagai orang tua untuk mengadzankan anak yg baru lahir,apa bila ada tolong di jelaskan ustadz.
Sebelum’y saya ucapkan terima kasih.
Jawaban :
Wa alaikumus salam Wr Wb.
Jumhur ulama ( 4 madzhab) menghukumi adzan di telinga kanan dan iqamah di telinga kiri untuk bayi yang baru dilahirkan.
Dalil-dalil :

عن أَبى رَافِعٍ قال : رَأَيْتُ النَّبِيَّ  أَذَّنَ فِي أُذُنِ الْحَسَنِ حِينَ وَلَدَتْهُ فَاطِمَةُ

Dari Abu Rafi RA dia berkata : Aku melihat Rasulullah SAW mengadzani telinga Al-Hasan ketika dilahirkan oleh Fatimah. (HR. Abu Daud, At-Tirmizy dan Al-Hakim)

عَنْ حُسَيْنٍ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ وُلِدَ لَهُ وَلَدٌ فَأَذَّنَ فِي أُذُنِهِ الْيُمْنَى وَأَقَامَ فِي أُذُنِهِ الْيُسْرَى لَمْ تَضُرَّهُ أُمُّ الصِّبْيَانِ

Dari Husain beliau berkata: Rasulullah shollallahu alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa yang dilahirkan untuknya seorang anak, kemudian dia mengadzani di telinga kanan dan iqomat di telinga kiri, maka tidak akan memudhorotkannya Ummus Shibyaan (Jin yang mengikutinya atau hembusan angin)(H.R Abu Ya’la)

عَنِ ابْنِ عَباَّسٍ  أَنَّ النَّبِيَّ  أَذَّنَ فيِ أُذُنِ الحَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ يَوْمَ وُلِدَ وَأَقَامَ فيِ أُذُنِهِ اليُسْرَى

Dari Ibnu Abbas radhiyallahuanhu bahwa Nabi SAW melantunkan adzan di telinga Al-Hasan bin Ali ketika dilahirkan, dan melantunkan iqamah di telinga kirinya. (HR. Al-Baihaqi)

Masing-masing hadis di atas satu sama lain saling menguatkan sehingga bisa dijadikan dalil sunnahnya mengadzankan telinga kanan dan iqamah di telinga kiri untuk bayi yang baru lahir.
Wallahu a’lam