Berita

Update Terbaru Program PKH

pusatkajianhadis - January 24, 2019

Untuk membaca banyak referensi kajian (Dirasah Islamiyah), banyak dilakukan dengan berbagai macam cara. Yang paling berkesan adalah dengan cara tradisional, yaitu menuju perpustakaan yang banyak terdapat buku-buku klasik mau pun kontemporer, baik yang berbahasa Arab, Inggris atau Indonesia. Namun terkadang cara ini pun tentunya tak lepas dari beberapa kendala, misalnya referensi yang kita inginkan tidak terdapat dalam perpustakaan tersebut.

Untuk zaman yang serba digital seperti searang ini, kita terbantu dengan hadirnya  beberapa aplikasi yang menyediakan kemudahan untuk mengakses berbagai referensi Kajian Islam. Bayak kita temukan kitab-kitab Turats maupun Ushri yang dikemas dalam bentuk digital, baik PDF maupun Flash. Perpustakaan Islam Digital (PID) yang telah diterbitkan oleh Pusat Kajian Hadis adalah salah satunya. Selain bisa diakses via online melalui link https://perpustakaanislamdigital.com/, dapat juag diakses offline dengan menggunakan Hard Disk berkapasitas 1 TB karena memuat 5000 jilid kitab.

Seiring berjalannya waktu, PID offline saat ini  telah dikemas melaui USB Flash Disk 128 GB dan memuat 6500 jilid kitab. Langkah yang kami tempuh ini In Sya Allah lebih dapat dirasakan manfaatnya oleh kaum muslimin dan muslimat, baik untuk kalangan akademisi, para kyai dan santri serta masyarakat umum para pencinta Kitab Turats dan Ushri. Seluruh konten (isi) yang terdapat dalam PID merupakan program waqaf untuk umat. Kitab-kitab tersebut sebagian besar bersumber dari waqfeya.com. Bagi kaum muslimin yang berminat silakan meng-copy dan menyebarkannya untuk umat.

Salah satu lembaga yang telah menerima waqaf PID dari Pusat Kajian Hadis adalah Pondok Pesantren Al-Itqan Jakarta Barat, pimpinan Al-Mukarram KH. Mahfudz Asirun. Pemberian waqaf PID tersebut bertepatan pada peringatan Haul Guru Mughni, Sabtu, 19 Januari 2019.

Selain update terbaru PID, Pusat Kajian Hadis juga telah menyempurnakan Aplikasi 40 Kumpulan Ayat Populer Yang Sering Dibaca Imam. Selain memuat 40 kumpulan ayat, aplikasi tersebut sudah dilengkapi dengan suara qari’ di setiap kumpulan ayat. Alunan merdu Naghm Nahawand dilantukan dengan sangat khas oleh Ust. H. Agus Heryanto, M.Ag., Al Hafizh. Dengan dilengkapi suara, tentu memudahkan bagi kita untuk membaca dan menghafalkan 40 kumpulan ayat tersebut dengan meniru bacaan merdu sang qari’. Aplikasi ini juga waqaf, silakan men-download atau atau meng-update melalui Play Store dengan keyword : Pusat Kajian Hadis. Atau juga bisa melalui link berikut :  https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pkh.ayatpopuler

 

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan kepada Pusat Kajian Hadis untuk terus berinovasi mencipatakan program-program yang bermanfaat untuk umat, aamiin.