Berita & Kegiatan

Buku “40 Kumpulan Ayat Al-Qur’an Populer Dan Sering Dibaca Imam” direspon baik oleh umat Islam.

pusatkajianhadis - February 23, 2015

cover-40-kumpulan-ayat-populer

Shalat jama’ah akan terasa lebih khusyu’ dan nikmat tatkala kita mampu berinteraksi dengan ayat Al Qur’an yang dibaca seorang imam. Interaksi tersebut bisa saja lewat hafalan ayat, pemahaman atau pun hanya sekedar lantunan merdu sang imam. Selain kekhusyu’an, interaksi makmum terhadap ayat terkadang mampu menumpahkan lelehan air mata lantaran haru atau merasa diri begitu kecilnya di hadapan Allah Yang Maha Agung. Anda mungkin sering menyaksikan di televisi atau di situs berbagi bagaimana imam atau makmum yang menangis saat shalat berjama’ah di Masjid Al-Haram, Masjid An-Nabawi atau masjid lainnya bukan ?

Alhamdulillah, saat ini telah hadir kembali sebuah buku yang disusun oleh DR. H. Ahmad Lutfi Fathullah, MA dengan judul “40 Kumpulan Ayat Al-Qur’an Populer Dan Sering Dibaca Imam”. Buku ini dipersembahkan untuk umat Islam agar lebih rajin dan bersemangat melaksanakan shalat berjama’ah.

Melaui buku ini, makmum atau imam disarankan mengetahui terlebih dulu  kumpulan ayat-yat Al Qur’an yang sering dilantunkan para imam masjid baik nasional maupun internasional. Jika sudah hafal, tahap selanjutnya adalah mengerti pesan-pesan ayat terebut minimal secara garis besarnya. Setelah hafal, mengerti dan memahami pesan ayat, buku ini sangat mungkin untuk dijadikan langkah awal agar kita tertarik menghafal Al Qur’an secara keseluruhan, 30 Juz, insya Allah.

Sambutan Positif.

menag

Jum’at, 20 Februari 2015, penulis mendapatkan kesempatan untuk mensosialisasikan buku beliau. Dalam kegiatan pengajian umum yang diselenggarakan di Masjid Istiqlal itu pula hadir Bapak Menteri Agama RI, Bapak Drs. H. Lukman Hakim Saifudin, dan Bapak Wakil Ketua MPR RI, Bapak Dr. H. Hidayat Nur Wahid. MA.

Kedua pejabat tinggi tersebut memberikan apresiasi dan sambutan positif atas terbitnya buku beliau. Keduanya mengharapkan agar para imam masjid tidak hanya hafal surat yang itu-itu saja, harus variatif agar para makmum lebih menikmati shalat jama’ah yang dipimpinnya. Setelah sosialisasi berakhir, para audiens sangat antusias ingin memiliki buku tersebut, subhanallah !

antri buku

Di lain kesempatan, penulis juga diberikan kesempatan untuk mensosialisasikan buku “40 Kumpulan Ayat Al-Qur’an Populer Dan Sering Dibaca Imam”. Kali ini masih di tempat yang sama, Minggu, 22 Februari 2014 dalam pengajian umum bersama Ustadz Yusuf Mansur.

launcing yusman

Ustadz yang sangat akrab dengan penulis ini sangat mendukung kehadiran buku ini dan bersedia menjadi qari’ untuk versi android. Pengguna yang mengunduh aplikasi ini akan lebih mudah dan nyaman karena setiap ayat dibacakan oleh Ustadz Yusuf Mansur, Subhanallah

jamaah yusman

Melalui buku ini, sang ustadz berharap agar para imam dan makmum mengerti bacaan ayat-ayat yang dilantunkan dalam sahalat jama’ah terlebih membaca ayat-ayat yang berhubungan dengan kondisi atau realitas saat ini, apakah tentang musibah yang tengah melanda negeri, amanah yang sudah diabaikan dan kondisi lainnya. Ketika Imam dan makmum sama-sama memahai ayat yang dibaca, shalat jama’ah terasa lebih syahdu dan meningkatkan energi positif bagi yang menjalankannya.

Sudahkah anda memilikinya ?