Ustadz Menjawab

Manusia pertama

pusatkajianhadis - September 9, 2014

Assalammualaikum,
Bapak ustadz yang saya hormati
Saya ingin menanyakan penjelasan mengenai ayat dalam Al Qur’an Surat Al Baqarah ayat 30.
“Dan (ingatlah) tatkala Tuhan engkau berkata kepada Malaikat : Sesungguhnya Aku hendak menjadikan di bumi seorang khalifah. Berkata mereka : Apakah Engkau hendak menjadikan padanya orang yang merusak di dalam nya dan menumpahkan darah, padahal kami bertasbih dengan memuji Engkau dan memuliakan Engkau ? Dia berkata : Sesungguhnya Aku lebih mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”
Yang saya ingin tanyakan adalah :
 

  1. Apakah malaikat sudah mengetahui sebelumnya bahwa manusia itu orang yang suka merusak dan menumpahkan darah?
  2. Akal/pikiran adalah salah satu anugerah Allah SWT terbesar yang diberikan untuk manusia, yang saya ingin tanyakan bagaimana sikap kita sebagai orang muslim tentang salah satu penemuan homo sapien, homo ekektus dan lain-lain yang menurut hasil penelitian hidup puluhan atau ratusan ribu tahun yang lalu, sedangkan kita ketahui bahwa manusia pertama yang diciptakan Allah SWT adalah Nabi Adam yang diperkirakan hidup kurang lebih 6.000 tahun yang lalu.
  3. Saya pernah membaca salah satu hadis Rasulullah SAW pada saat beliau Isra Miraj, bahwa Rasulullah SAW diperlihatkan Surga dan Neraka yang dimana Rasulullah SAW bersabda “didalam surga banyak orang miskin dan di neraka banyak perempuan”. Yang ingin saya tanyakan apakah surga dan neraka pada saat ini sudah ada? Padahal alam semesta belum kiamat.

Mohon penjelasan Bapak ustadz yang lebih dalam ilmu agamanya
Sabda Rasulullah SAW “sebaik-baik manusia adalah ilmu yang bermanfaat”
Terima kasih
Wassalammualaikum
Irwan
Jawaban :
Wa alaikumus salam wr wb.
Yang anda pertanyakan semuanya merupakan iktilaf para ulama. Insya Allah kami akan merangkumnya dengan singkat.

  1. Mengenai ayat 30 surat Albaqarah, bahwa bisa jadi bumi pernah dimakmurkan oleh makhluk Allah selain manusia yang konon pernah berbuat kerusakan dan menumpahkan darah. Makhluk apakah itu ? wallahu a’lam. Dengan demikian, timbullah kekhwatiran para malaikat akan terjadinya hal serupa ketika Allah menjadikan khalifah di muka bumi. Jadi, belum bisa dipastikan bahwa malaikat sudah mengetahui sebelumnya bahwa manusia itu orang yang suka merusak dan menumpahkan darah.
  2. Mengenai penemuan homo elektus, homo sapien dsb, bukan kapasitas kami untuk membearkan atau menyalahkan. Tapi jika dibanding dengan ayat Al Qur’an maupun hadis yang sudah jelas sekali mengarah bahwa Nabi Adam AS adalah manusia pertama. Jadi, sebagai muslim yang baik, tentu kita sangat percaya bahwa Adam AS adalah manusia pertama. Kami lebih suka menyebut homo sapien adalah makhluk yang “mirip” manusia, bukan manusia.
  3. Dilihat dari teks hadis mengenai penghuni neraka dan surga memang begitu adanya. Maknanya sudah sangat jelas menunjukan bahwa neraka dan surga saat ini sudah dihuni. Kok bisa ? Wallahu a’lam. Semua kita serahkan kepada Allah. Akal atau ilmu kita belum bisa menjawabnya saat ini.

Wallahu a’lam
Wassalamu alaikum wr. wb.
Team PKH