Fiqih Muamalah

Sogok-menyogok

pusatkajianhadis - February 15, 2016

Assalamu’alaikum
Ustadz, saya mau bertanya nih.
Saya ingin masuk Tentara akan tetapi semua dari calon anggotanya itu sudah melakukan sogok semua. Jadinya banyak penerimaan dari mereka tidak murni. Yang ingin saya tanyakan bagaimana cara mengatasi ini, apakah saya harus menyogok juga??
Terima kasih wassalamu’alaikum
Jawaban :
Wa alaikumus salam Wr Wb.
Hadis Rasulullah SAW :
لَعَنَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الرَّاشِيَ وَالْمُرْتَشِيَ وَالرَّائِشَ (رواه الحاكم)
“Rasulullah saw melaknat orang yang menyuap, orang yang menerima suap, dan orang yang menjadi pelantara keduanya.”
Sogok menyogok dalam islam jelas dilarang keras. Di sinilah iman kita diuji. Yang menentukan rezeki kita adalah Allah SWT. Ikhtiyar saja secara nyata dan bersih lalu tawakkal kepada Allah SWT. In Sya Allah dengan bekal ketakwaan, keyakinan, ikhtiyar dan tawakkal kepada Allah, anda masuk tentara tanpa sogok menyogok.
Lalu bagaimana jika saya gagal ? serahkan semua kepada Allah. Kegagalan anda bisa saja memang murni hasil tes yang memang belum layak diterima. Atau bisa jadi hasil tes anda lulus, namun terjegal oleh peserta yang melakukan suap. Jika memang begitu adanya, anda bisa mengambil hikmah, bahwa Allah tidak menghendaki anda menjadi tentara. Terimalah dengan lapang dada dan yakinlah bahwa Allah akan menempatkan anda pada profesi lain yang lebih mendapatkan keberkahan karena kejujuran dan ketakwaan anda.
Wallahu a’lam