Berita

Pasca Idul Fitri, Kegiatan Pusat Kajian Hadis Kembali Padat.

pusatkajianhadis - July 26, 2018

Tidak jauh berbeda dengan istansi lain pada umumnya, kegiatan kembali berjalan seperti biasa pasca libur Idul Fitri. Bukan hanya berjalan normal, kegiatan tersebut bahkan lebih padat dari biasanya.

Dimulai dari kegiatan Manasik Haji dan Umrah oleh 20 jama’ah kaum  ibu dari Dirjen Permasyarakatan Kementrian Hukum pada tanggal 29  Juni 2018. Selanjutnya disusul oleh 26 Mahasiswa dari UIN Maulana Sultan Hasanuddin Banten pada tanggal 9-13 Juli 2018 dalam rangka PPL. Esoknya, 10 Juli 2018, PKH Jakarta menerima Kunjungan Akademis dari Mahasiswa IAIN Salatiga dan diterima langsung oleh Direktur PKH, Bapak Dr. KH. Ahmad Lutfi Fathullah, MA.

Bukan hanya tamu dari dalam negeri, 26 Mahasiswa dari Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) melaksanakan kunjungan silaturahim ke Pusat Kajian Hadis Cinagara Bogor pada tanggal 13-14 Juli 2018. Masih di hari yang sama, 22 jamaah  kaum ibu dari Majlis Ta’lim Al-Ikhlas Lenteng Agung melaksanakan kegiatan Manasik Haji dan Umrah. Yang menariknya, ibu-ibu Majlis Taklim mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh adik-adik Mahasiswa USIM sehingga terwujud suasana keakraban dan kecerian antar kedua negara.

        Mahasiswa Malaysia dengan Jama’ah Manasik Kaum Ibu

                      Mahasiswa Malaysia sedang mengikuti manasik

Pemberian Cinderamata dari USIM ke PKH

Dua hari berselang, 16 Juli 2018, 15 Mahasiswa dari UIN Raden Ftah Palembang melaksanakan PPL sampai dengan 22 Juli 2018. Kegiatan berlangsung di PKH Cinagara Bogor.

          Bersama Dosen Pendamping UIN Palembang

                             Mahasiswa UIN Palembang

Sabtu, 21 Juli 2018, PKH meyelenggarakan 40 Hari Hafal 5 Juz Al-Qur’an dan 40 Hadis Bersanad Riwayat Bukhari dan Muslim. Kegiatan tersebut berlangsung 40 hari penuh tersebut diikuti oleh 21 Mahasiswa Ilmu Hadis UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

    Ust. Ridwan Al-Hafizh, Ketua Panitia Program 40 Hari

                        Para peserta bersama panitia

Setelah rombongan mahasiswa UIN Palembang selesai dan kembali menuju kampus, maka esoknya 23 Juli 2018, menyusul rombongan mahasiswa dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon Gelombang I. Mereka melaksanakan PPL di PKH Cinagara samapai dengan tanggal 29 juli 2019. In Sya Allah rombongan gelombang II akan menyusul pada tanggal 4 Agustus dan kegiatan diagendakan sampai dengan tanggal 10 Agustus 2018.

Kunjungan terjadwal berikutnya adalah dari rombongan mahasiswa dari STAIN Kudus Jawa Tengah. Jika tidak ada perubahan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan tanggal 13 sampai dengan tanggal 23 Agustus 2018.