Artikel Islam

Manusia Terbaik Yang Selalu Dirindukan Sepanjang Zaman

pusatkajianhadis - October 30, 2020

Muhammad Rasulullah Ibn Abdulah Ibn Abdul Muthalib Ibn Hayim Ibn Manaf Ibn Qushay Ibn Kilab Ibn Murrah Ibn Ka’ab Ibn Lu’ay Ibn Ghalib Ibn Fihr Ibn Malik Ibn Nadhr Ibn Kinanah Ibn Khuzaimah Ibn Mudrikah Ibn Ilyas Ibn Mudhar Ibn Nizar Ibn Ma’ad Ibn Adnan dan terus bernasab sampai dengan Nabi Ismail Ibn Nabi Ibrahim Alihimas Salam. Adalah sosok manusia yang sangat indah secara fizik, sempurna dalam spiritual dan elegan dalam emosional. Banyak sekali ayat-ayat Al-Qur’an yang menggambarkan betapa Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan para Malaikat-Nya memuji keluruhan Nabi Kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam. Begitu juga banyak hadis-hadis Nabi yang menggambarkan betapa para Sahabat Radhiyallahu Anhum sangat mencintai, merindukan, menghormati Beliau Shallahu Alaihi Wa Sallam.

Artikel ini sangat tidak mewakili untuk menggambarkan keistimewaan Rasulullah Shallahu Alaihi Wa Sallam. Namun sebagai hamba Allah yang sangat dhaif ini tidaklah pula salah untuk turut serta ikut meneteskan air mata kerinduan dan kecintaan, sama seperti umat Rasulullah secara umum.

Satu Nama Yang Selalu Bersanding Dengan Nama Allah

Allah berfirman :

وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ

“Dan Kami tinggikan sebutan (nama)mu bagimu.”  (Q.S. Al-Insyirah : 4)

Allah memuliakan nama kekasihnya, Muhammad Rasulullah. Dimana nama Allah disebutkan, maka disebutkan pula nama kekasih-Nya itu.

Ibnu Jarir Al-Thabari mengutip riwayat dari Ibn Abi Hatim dan Abu Ya’la sebagai berikut :

عَن أَبي سَعِيدٍ، عَن رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسلَّمَ أَنَّهُ قاَلَ: «أَتَانِي جِبرِيلُ فَقَالَ: إِنَّ رَبِّي وَرَبَّكَ يَقُولُ: كَيفَ رَفَعتُ ذِكرَكَ؟ قاَلَ: اللهُ أَعلَمُ. قاَلَ: إِذَا ذُكِرتُ ذُكِرتَ مَعِي

Dari Abu Said Radhiyallahu Anhu, dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam sungguh Beliau bersabda : Jibril mendatangiku lalu berkata : Sesungguhnya Tuhanku dan Tuhanmu berfirman : (tahukah engkau) Bagaimana Aku meninggikan (nama) mu? Beliau (Rasulullah) bersabda : “Hanya Allah Yang Maha Tahu.” Allah berfirman : “Jika (nama) Aku disebutkan, (maka namamu juga) disebutkan bersama-Ku.”

Begitulah, betapa luhurnya nama kekasih-Nya, Muhammad Rasulullah. Dalam sehari semalam, paling sedikit kita menyebutkan nama kekasih-Nya itu 20 kali, tidak kurang ! Asyhadu Allaa Ilaaha Illalllaah Wa Asyhadu Anna Muhammadar Rasulullah , Allahumma Shalli Alaa Sayyidinaa Muhammad Wa Alaa Aali Sayyidinaa Muhammad.

Seorang dikatakan muslim ketika sudah berikrar dan bersyahadat. Shalat apa pun, baik wajib mau pun sunnah tidak akan sah dan ditolak ketika tidak menyebut nama Allah dan kekasih-Nya. Khutbah Jum’at menjadi batal atau tidak sah ketika Al-Khathiib tidak sama sekali bershalawat kepada kekasih-Nya. Entah berapa ayat di dalam Al-Qur’an yang menyebutkan Nama Allah yang selalu tersanding dengan Nama-Nya. Singkatnya, nama kekasih-Nya selalu disebutkan oleh umat Islam seluruh dunia sampai dengan umur dunia berakhir !

Menyebut Rasulullah Dapat Membangkitkan Jiwa.

Ada bait syi’ir yang begitu masyhur yang sering kita dengar :

النبي صلو عليه

An-Nabi Shallu Alaih

Bershalawatlah kamu sekalian kepada Nabi

صلوات الله عليه

Shalawaatullahi Alaih

Shalawat (Rahmat) Allah senantiasa tercurah kepadanya

وينال البركات  كل من صلى عليه

Setiap orang yang bershalawt kepadanya selalu memperoleh keberkahan

النبي ذاك العروس

An-Nabi Dzaakal ‘Aruus

Dialah Nabi, Sang Pengantin

ذكره يحي النفوس

Menyebut namanya dapat menghidupkan jiwa

النصارى والمجوس

Orang-orang Nasrani dan majusi

اسلموا  على يديه

Aslamu Alaa yadaih

Masuk Islam dihadapannya

Dengan menyebut nama Rasulullah (beshalawat), membuat hati kita tentram dan membangkitkan jiwa (spiritual). Bagaimana tidak ? Jika tidak melalui wasilah Beliau, bagaimana kita bisa mengenal Allah ? mengenal, membaca dan mengamalkan isi Al-Qur’an? Bagaimana kita dapat berakhlak dengan mulia ? Bagaimana kita bisa berbelas kasih ? dan pertanyaan-pertanyaan sejenisnya sebagai ungkapan rindu kepada kekasih-Nya dan syukur kepada-Nya.

Selain berpahala, shalawat yang kita baca merupakan ungkapan penghormatan, ta’zhim dan mahabbah kepada Rasulullah Shallallahu Alaohi Wa Sallam. Diskusi dan diskursus mengenai kemuliaan akhlak dan spiritual kekasih-Nya, tidak akan pernah tuntas.

Sosok Yang Santun Kepada Siapa Saja

 Selain sebagai penghulunya para Nabi, kekasih-Nya jugalah sorang pemimpin ummat. Seorang Nabi dan Rasul paling istimewa, juga seorang Amir. Tapi lihatlah beberapa hadis berikut yang menggambarkan bagaiamana santunnya Rasululullah kepada pembantunya, para wanita, khususnya kepada istri dan anak-anak.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ خَدَمْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَشْرَ سِنِينَ وَاللَّهِ مَا قَالَ لِي أُفًّا قَطُّ وَلَا قَالَ لِي لِشَيْءٍ لِمَ فَعَلْتَ كَذَا

Dari Anas bin Malik radhiallahu’anhu dia berkata, “Aku menjadi pelayan Rasulullah ﷺ selama sepuluh tahun. Demi Allah, selama itu beliau tidak pernah berkata “Uff’ (Husy) kepadaku, dan tidak pernah membentakku dengan perkataan, “Hai, kenapa engkau perbuat begitu!” (HR. Muslim)

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خِيَارُكُمْ خِيَارُكُمْ لِنِسَائِهِمْ

Dari Abdullah bin ‘Amruia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Orang yang paling baik di antara kalian adalah orang yang paling baik terhadap isteri-isterinya.” (HR. Ibn Majah)

 – عن أَنس رَضِيَ اللهُ عَنْه أَنَّهُ مَرَّ عَلَى صِبيَانٍ فَسَلَّم عَلَيْهِم وقَالَ :كَانَ النَّبِيُّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم يَفْعَلُهُ   – مُتَّفَقٌ عَلَيْه

Dari Anas Radhiyallahu Anhu. bahwa ia berjalan melalui anak-anak, kemudian ia memberikan salam kepada mereka ini dan berkata: Nabi saw. juga melakukan sedemikian.  (Muttafaq Alaih)

Dan banyak lagi hadis-hadis lain yang menggambarkan uswah hasanah kekasih-Nya itu.

Akhir-akhir ini sedang viral berita tentang pelecehan terhadap Rasulullah SAW di Prancis. Andaikan para pembenci Rasulullah mengenal sosok Rasuullah dengan baik, tentu mereka tak akan melakukan itu, Justru mungkin sebaliknya, dari benci menjadi cinta dan masuk Islam, aamiin.

Untuk menambah kerinduan dan kecintaan kita kepada Al-Habib Al-Musthafa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam, kita bisa mendownload aplikasi Potret Pribadi nabi Muhammad SAW melalui link :

https://bit.ly/download-siroh-nabi-android

Wallahu A’lam.

Ridwan Shaleh