Berita & Kegiatan

Rihlah Muslimah Dan Manasik Haji Beberapa Majelis Ta’lim Dari Tangerang, Di Pesantren PKH Cinagara Bogor

pusatkajianhadis - January 8, 2019

Rihlah Muslimah Pimpinan Ibu Eka dari Tangerang dengan mengambil tema Merajut Ukhuwah Meraih Kemulyaan, ini merupakan gabungan dari beberapa Majelis Ta’lim diantaranya MT Al Ikhlas Blok EA Permata, MT Al Ikhlas Blok EB Permata, MT An Nur  Priuk Jaya Permai, MT Khodijah Villa Mutiara Pluit, MT RT. 07 Villa Mutiara Pluit yang dilaksanakan pada Hari Sabtu 29 Rabiul Akhir 1440 H/ 05 Januari 2019.

Selain mengadakan Rihlah,  para jama’ah juga melaksanakan bimbingan  Manasik Haji yang dipandu oleh beberapa asatidz dari PKH. Para jama’ah sangat antusias dan khusyu’ dalam mengikuti pelatihan Manasik Haji dan Umroh, dikarenakan banyak jamaah yang belum pernah pergi Umroh dan Haji. Prosesi manasik dipandu  oleh beberapa asatidz dari Pusat Kajian Haadis yaitu Ustadz Yudi, Ustadz Tarsim, dan Ustadz Heru.  Tahapan-tahapan manasik dijelaskan  secara detail dan rinci karena fasilitas di pesantren sangat memadai untuk belajar manasik, bangunanya sangat mirip dengan aslinya, dari mulai Padang Arafah, Tenda di Mina, Musdzalifah tempat mengambil batu kerikil, Tempat melempar Jumroh Ula, Wusto, dan Aqabah, Terowongan Mina, Masjidil Haram lengkap dengan Ka’bah, Maqam Ibrahim, dan Hijir Ismail, lantai yang dikramik dengan pola melingkar dan berwarna putih mirip dengan Masjidil Haram menambah  kenyamanan dan keindahan, suasana pegunungan yang asri dengan pemandangan yang indah membuat jamaah betah berlama lama di pesantren PKH, satu kalimat yang mereka ucapkan Allhamdulillah kami ingin kembali.

Pemberian materi dan pengaarahan manasik sebelum jamaah memulai praktek manasik Haji dan Umroh
Jamaah berkumpul di Mina
Jamaah berjalan menuju Padang Arafah untuk menjalankan ibadah wukuf
Jamaah berkumpul di Padang Arafah untuk melaksanakan wukuf, Mendengarkan khutbah dan banyak membaca istighfar, wukuf adalah hukumnya wajib maka jamaah yang sedang sakit pun dibawa ke Padang Arafah
Jamaah Khusyu berdoa di Padang Arafah

 

Di Musdzalifah  Jamaah mengambil batu krikil untuk melempar jumroh Aqabah

 

Jamaah praktek melempar jumroh

 

Jamaah melaksanakan Towaf Wada diarea miniatur Masjidil Haram lengkap dengan Ka’bah, Hijir Isma’il, Makom Ibrohim, Hajar Aswad, dan Rukun Yamani.

 

Pembangunan tempat sa’i yang sudah dikramik dan dicor atapnya menambah kenyamanan jamaah dalam praktek Sa’i dari bukit Safa ke bukit Marwah