Berita & Kegiatan

AL-QUR'AN FOR TEACHERS ANGKATAN I

pusatkajianhadis - February 15, 2016

IMG_7704 QFT

Ust. Ridwan, narasumber

Pusat Kajian Hadis tidak hanya mengkaji tekstual hadis semata. Langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan beberapa hadis yang sudah dikaji dalam bentuk nyata. Salah satu contohnya adalah Hadis-hadis Keutamaan Al-Qur’an yang telah dirangkum dalam bentuk DVD Interaktif terbitan PKH. Salah satu bahasan pokok dalam kumpulan hadis tersebut adalah hadis keutamaan belajar dan mengajarkan Al-Qur’an, yaitu :

حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ مِنْهَالٍ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ قَالَ: أَخْبَرَنِي عَلْقَمَةُ بْنُ مَرْثَدٍ سَمِعْتُ سَعْدَ بْنَ عُبَيْدَةَ، عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ السُّلَمِيِّ، عَنْ عُثْمَانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:  خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ قَالَ: وَأَقْرَأَ أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ فِي إِمْرَةِ عُثْمَانَ حَتَّى كَانَ الْحَجَّاجُ قَالَ: وَذَاكَ الَّذِي أَقْعَدَنِي مَقْعَدِي هَذَا.

Telah menceritakan kepada kami Hajjaj ibn Minhal, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, ia berkata: Telah mengabarkan kepadaku Alqamah ibn Martsad Aku mendengar Sa’d ibn Ubaidah, dari Abu Abdurrahman As Sulami, dari Usman ra, dari Nabi saw beliau bersabda : Orang yang paling baik di antara kalian adalah seorang yang belajar al-Qur`an dan mengajarkannya. Abu Abdirrahman membacakan (Al Qur`an) pada masa Usman hingga Hajjaj pun berkata: Dan hal itulah yang menjadikanku duduk di tempat dudukku ini. (HR. Al-Bukhari No. 4639).

Berangkat dari hadis itulah, PKH melaksanakan kegiatan Al-Qur’an For Teachars, yaitu Workshop Khusus Guru Al-Qur’an yang bertujuan untuk mengoptimalkan potensi mengajar. Dalam kegiatan tersebut, narasumber memberikan materi-materi yang sangat menyentuh problematika dalam mengajar Al-Qur’an, penguasaan ilmu tajwid dari aspek membedah huruf-huruf hijaiyyah melalui makhraj dan sifatnya, tes diasnostica dan materi-materi pendukung lainnya.

IMG_7636 QFT

Para peserta sedang halaqah tilawah

IMG_7618 QFT

Para peserta sedang halaqah tilawah

Kegiatan yang berlangsung Ahad, 14 Februari 2016 ini diikuti oleh para guru Al-Qur’an yang mengajar di TPQ, sekolah Islam dan majelis ta’lim yang berada di area Jabodetabek. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan. “Alhamdulillah, tidak sia-sia saya datang jauh-jauh ke sini. Narasumber sangat menguasai materi dan komunikatif. Materi yang disampaikan sangat  bermanfaat, realita, efektif dan tepat sasaran. Tapi saya belum puas jika hanya sampai di sisni, saya  sangat berharap PKH bisa mengadakan kegiatan lanjutan dan saya  bisa bertalaqqi dengan ustadz Ridwan”, ujar salah satu peserta.

Al-Qur’an For Techers digelar mulai pukul 08.00 -15.30 WIB dan dipandu oleh narasumber tunggal, Ust. Ridwan Shaleh, S.Pd.I., Al-Hafizh. Sebelum kworkshop dimulai, Kyai Lutfi memberikan pengantar dan motivasi kepada para peserta. Dan tentunya In Sya Allah, kegiatan ini akan terus dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian PKH kepada ummat Islam, khusunya para guru Al-Qur’an.

IMG_7627 QFT

Salah satu peserta sedang tes diagnostica tilawah dengan narasumber

IMG_7710 QFT

Para peserta sedang menyimak materi

DSC_3032 QFT

Para peserta Al-Qur’an For Teachers Angkatan I