Berita & Kegiatan

Cerdas Cermat Sirah Rasulullah SAW di Pusat Kajian Hadis

pusatkajianhadis - November 30, 2015

sirah DSC_7735

Selasa, 17 Nopember 2015, beberapa perwakilan siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah dan Sekolah Menengah Pertama dari seluruh wilayah DKI Jakarta hadir di Pusat Kajian Hadis untuk mengikuti Festival Cerdas Sirah Rasulullah SAW.

Sebelum cerdas cermat dimulai, seluruh peserta mengikuti opening ceremony yang dimulai pada pukul 09.30 WIB. Penyusun Aplikasi Potret Pribadi dan Kehidupan Rasulullah SAW, DR. Ahmad Lutfi Fathullah, MA menyampaikan sambutan. Dalam sambutannya, beliau memotivasi para peserta agar mampu berinovasi di kemudian hari dengan menciptakan aplikasi yang tentu lebih hebat dari yang telah beliau ciptakan. Bukan tidak mungkin, dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, para peserta nantinya akan menciptakan aplikasi keagamaan yang manfaatnya tentu dirasakan oleh banyak orang, terutama umat Islam.

Acara pembukaan dihadiri oleh para ulama, tokoh masyarakat dan aparat pemerintahan. Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Dikmental DKI Jakarta, Bapak Drs. H. Ahmad Ghazali. Dalam sambutannya, beliau merasa bangga dan berharap para siswa Madrasah atau SMP yang mengikuti kegiatan ini kelak menjadi para pemimpin bangsa yang menjadikan Rasulullah SAW sebagai Uswatun Hasanah.

sirah DSC_7681

Festival Cerdas Sirah Rasulullah SAW ini bertujuan agar generasi muda Islam lebih mengenal dan mencintai Rasulullah SAW. Setelah mengenal dan mencintai, tentu mereka lebih mudah mengaplikasiskan akhlak Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari.

Kemajuan teknologi tidak lantas menjadikan generasi muda kita hilang arah dan buta akan idola mereka yang sesungguhnya, yaitu Rasulullah SAW. Mereka justru lebih mudah mengenal Rasulullah SAW memalui salah satu aplikasi Potret Pribadi dan Kehidupan Rasuluulah SAW yang diterbitkan oleh Pusat Kajian Hadis.

Tepat pukul 13.00 WIB (setelah Shalat Zhuhur berjama’ah dan makan siang), sekitar 155 peserta  mengikuti putaran penyisihan. Para peserta menempati sedikitnya 20 ruangan lomba yang digunakan secara serentak, baik untuk katagori beregu maupun individu. 40 Dewan hakim dan 40 Asisten Dewan Hakim bertugas untuk meloloskan para peserta yang harus menuju putaran semi final.

sirah DSC_7727

Peyisihan untuk katagori individual

sirah DSC_7697

Peyisihan katagori beregu/kelompok

sirah DSC_7737

Semi Final Beregu

Berikut nama-nama Madrasah yang maju pada putaran semi final :
Untuk Katagori Beregu : (Para peserta tidak boleh menggunakan alat bantu apapun)
Semi Final 1 ;

  1. SMP Negeri 81 Lubang Buaya Jakarta Timur
  2. SMP Al-Kamal Jakarta Barat
  3. Negeri Al-Azhar Asy-Syarif Jakarta Selatan
  4. SMP Muhammadiyah 50
  5. Dari keempat sekolah di atas, MTs. Negeri Al-Azhar Asy-Syarif Jakarta Selatan berhak meju ke putaran Grand Final dan SMP Negeri 81 Lubang Buaya Jakarta Timur maju pada putaran Runner Up Final.

Semi Final 2 :

  1. 36 Jakarta Barat
  2. SMPIT Al-Mughni Jakarta Selatan
  3. SMP Qur’anic School Jakarta Timur
  4. SMP Al-Ihrom Jakarta Barat

Dari keempat sekolah di atas, SMP Al-Ihrom Jakarta Barat berhak maju untuk mengikuti putran Grand Final dan MTs. N 36 Jakarta Barat untuk Runner Up Final.
Semi Final 3 :

  1. SMP Negeri 101 Jakarta Barat
  2. SMP Negeri 252 Jakarta Timur
  3. SMP Islam Al-Ikhlas Jakarta Selatan

Dari ketiga sekolah di atas, SMP Negeri 252 Jakarta Timur maju untuk putaran Grand Final dan SMP Islam Al-Ikhlas Jakarta Selatan untuk putaran Runner Up Final.
Sedangkan untuk katagori Individual (peserta diperkenakan menggunakan alat bantu seperti Gadget, HP dan sejenisnya ) adalah :
Semi Final 1 :

  1. Negeri Al-Azhar Asy-Syarif Jakarta Selatan
  2. SMP Al-Ihrom Jakarta Barat
  3. Negeri 21 jakarta Timur

Dari ketiga sekolah di atas, MTs. Negeri Al-Azhar Asy-Syarif Jakarta Selatan maju untuk mengikuti putaran Grand Final dan SMP Al-Ihrom Jakarta Barat untuk putaran Runner Up Final.
Semi Final 2 :

  1. Negeri 35 Jakarta Timur
  2. Negeri 12 Jakarta Barat
  3. SMPIT Al Halimiyah Jakarta Timur

Dari ketiga sekolah di atas, MTs. Negeri 35 Jakarta Timur maju untuk mengikuti Grand Final dan SMPIT Al Halimiyah Jakarta Timur untuk Runner Up Final.
Semi Final 3 :

  1. Ulul Ilmi Jakarta Timur
  2. SMP Al-Kamal Jakarta Barat
  3. Quranic School Jakarta Timur

Dari ketiga sekolah di atas, MTs. Ulul Ilmi Jakarta Timur menuju Grand Final dan SMP Al-Kamal Jakarta Barat untuk Runner Up Final.
Grand Final (memperebutkan Juara 1, 2 dan 3 ) dan Runner Up Final ( memperebutkan Juara Harapan 1, 2 dan 3) In Sya Allah akan dilaksanakan pada tanggal 25 – 26 Desember 2015 di Pesantren Hadis Untuk Keluarga yang berlokasi di daerah Caringin, Bogor, Jawa Barat.
Selamat kepada para Finalis ! Dan semoga seluruh peserta yang telah mengikuti Festival ini menjadi Genberasi Muda Qur’ani yang senantiasa berakhlaqul Karimah kapan pun dan di mana pun, aamiin.